oleh

PDHI Cabang Sulsel dan Sulbar Buka Klinik Hewan Darurat

2enam,com, Mamuju : Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Sulsel dan Sulbar membuka klinik hewan darurat di halaman Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Mamuju.

Klinik tersebut menangani 43 ekor kucing yang luka akibat gempa Jumat 15 Januari lalu.

Dokter hewan di klinik tersebut, drh Syukur mengatakan, selain memberikan pelayanan medis bagi hewan-hewan yang terdampak gempa, mereka juga menyediakan pakan hewan gratis.

“Bagi yang membutuhkan pakan hewan kucing atau anjing, bisa langsung datang ke klinik kami. Tidak ada persyaratan, datang saja tunjukkan foto hewan peliharaannya, untuk pertanggungjawaban kami ke para donatur,” kata drh Syukur, halaman kantor DTPHP Mamuju.

drh Syukur juga menyampaikan, pihaknya telah membentuk tim untuk menjalankan beberapa kegiatan, seperti street feeding atau menyusuri jalan, memberi pakan hewan-hewan terlantar yang ditinggalkan pemiliknya sejak gempa.

“Untuk stok pakannya sendiri kami berkolaborasi dengan berbagai pihak, ada dari COP (Centre for Orangutan Protection), cat lovers Sulsel dan Sulteng dan PDHI Sulsel dan Sulbar,” ungkap Syukur.

Sementara, Dokter Hewan DTPHP Mamuju, drh Amri menambahkan, pada umumnya kucing yang dirawat di klinik hewan tersebut mengalami trauma psikis, yakni panik dan takut mendengar suara gemuruh yang menyebabkan terjadinya penurunan nafsu makan.

“Ada juga yang mengalami trauma fisik, seperti patah tulang dan luka-luka akibat reruntuhan bangunan yang ambruk,” singkat drh.Amri.

m4r10

Komentar