oleh

Ombudsman Sulbar Salurkan Bantuan dan Pantau Pelayanan Pemerintah Terhadap Korban Banjir

2enam.com, Mamuju – Dalam rangka pemantauan pelayanan publik kepada masyarakat yang tertimpa musibah banjir bandang beberapa waktu lalu di Mamuju, Ombudsman RI Sulawesi barat menyambangi beberapa titik lokasi yang terdampak banjir, (26/03/18).

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulbar, Lukman Umar mengatakan. Setelah para pengungsi sebagian besar telah dikembalikan ke rumahnya masing-masing, kami ingin memastikan bahwa mereka mendapatkan pelayanan dan perhatian dari Pemerintah khsususnya pada sektor pemenuhan komponen layanan dasar misalnya bantuan perbaikan rumah dan proses penggantian kartu BPJS, KIP, KTP dan KK mereka yang hilang diterjang banjir.

“Jadi hari ini (senin 26/03) kami turun untuk melihat secara langsung kondisi warga yang terdampak banjir dan memantau pelayanan Pemerintah Daerah kepada para korban, tim kami melihat sudah berjalan dengan baik meski masih ada beberapa temuan,” Terng Lukman Umar

Dalam kegiatan ini, Tim Ombudsman RI Sulbar juga membagikan membagikan bantuan berupa perlengkapan bayi, bahan makanan dan sabun detergen, sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.
Selain itu Ombudsman juga akan melakukan tindaklanjut beberapa temuan yang akan dikoordinasikan ke Dinas Sosial Kabupaten Mamuju, agar beberapa warga korban banjir yang belum mendapatkan Jaminan JKN-KIS agar mendapat perhatian serius.

Ombudsman juga akan melakukan tindaklanjut ke Dinas Kesehatan agar kondisi kesehatan korban mendapatkan perhatian sebab pasca banjir biasanya sangat rentan muncul penyakit salah satunya penyakit kulit,  dan ke Dinas Pendidikan  terkait temuan anak  putus sekolah. (Ali Akbar/Humas Ombudsman RI Sulbar*)

Komentar