Ombudsman Sulbar Pantau Mitigasi Bencana di Sulbar

2enam.com, Mamuju :  Berdasarkan Data Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) tahun 2022, Sulbar memiliki nilai IRBI paling tinggi di Indonesia dengan skor 165.23.

Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat pun melakukan kegiatan kajian cepat mengenai optimalisasi peran pemerintah daerah dalam peningkatan pemahaman masyarakat terkait kebencanaan pada kegiatan mitigasi bencana di Kabupaten Majene tahun 2023

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulbar, Ismu Iskandar mengatakan, apa yang dilakukan hari ini merupakan desiminasi hasil terkait kajian cepat yang dilakukan Ombudsman RI Perwakilan Sulbar.

“Dari hasil ini kita menemukan potensi maladministrasi, misalnya bahwa dalam satu dua tahun terakhir sangat sedikit dilakukan edukasi maupun sosialisasi ke masyarakat terkait pemahaman kebencanaan,” kata Ismu, Selasa 12 Desember.

Secara umum, kata dia, alasan mengapa Pemkab Majene tidak intens melakukan sosialisasi adalah kurangnya ketersediaan anggaran. Olehnya, Ombudsman mendorong agar Pemkab Majene lebih memaksimalkan lagi alokasi anggaran terkait kebencanaan.

“Supaya masyarkaat tahu kita adalah daerah tertinggi IRBI. Supaya masyarakat bersap diri jangan lalai. Lewat kegiatan ini kita berharap apa yang kita kaji di Majene bisa diaplikasikan ke daeah lain,” ungkap ismu .

Plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Sulbar, Inaldy mengungkapkan, kegiatan ini sangat disambut baik. Dirinya harapkan ada kolaborasi dan dukungan dari organisasi lain termasuk Ombudsman.

“Ombudsman menjadi pengawas dan pemantau dalam kerja-kerja BPBD. semoga kegiatan ini bisa berlanjut. Ini kegiatan positif dalam meningkatkan kolaborasi dalam meningkatkan penanggulanan bencana di Sulbar,” sebut Inaldy .

 

Komentar