oleh

 Ombudsman Sulbar Ajak Mahasiswa Kawal Pelayanan Publik.

2enam.com, Majene : Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Sulawesi Barat menjadi salah satu narasumber di acara Musyawarah Cabang II Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Majene.

Pada kegiatan itu, sebagai lembaga negara yang memiliki kewenenangan mengawasi pelayanan publik, Lukman Umar menyampaikan materi evaluasi kinerja penyelenggaraan kepemiluan provinsi Sulawesi Barat.

“Penyelengaraan kepemiluan hanya merupakan bagian kecil dari pelayanan publik di republik ini. Namun, Ombudsman juga sangat konsen terhadap proses ini, karena nantinya akan berpengaruh besar terhadap kualitas layanan yang diterima masyarakat,” ungkap Lukman (21/3/2021).

Lebih lanjut, Lukman mengungkapkan bahwa kerja-kerja Ombudsman tidak hanya terfokus pada proses kepemiluan itu berjalan, tapi jauh daripada itu, lembaga negara ini akan terus mengawasi apa yang menjadi produk demokrasi tersebut.

“Ombudsman tidak hanya bekerja sebelum ataupun proses pemilu itu berjalan, justru kami akan semakin sibuk setelah adanya hasil pemilu itu keluar. Pemimpin yang terpilih merupakan produk demokrasi yang akan mengeluarkan kebijakan di bidang pelayan publik. Sehingga kita juga bertugas mengawasinya,” tambah Lukman.

Selain itu, Lukman yang juga merupakan alumni IMM turut mengajak seluruh generasi muda khususnya peserta musyawarah untuk terlibat dalam pengawasan pelayanan publik kapan dan di mana saja, termasuk pasca pemilihan berlalu.

“Dengan keterbatasan sumber daya, kami mengajak kawan-kawan untuk mengawal secara bersama penyelenggaraan layanan publik yang ada di Sulawesi Barat ini. Agar masyarakat bisa merasakan dampak positif dari produk demokrasi ini,” tutup Lukman.

Humas ORI Sulbar

Komentar