oleh

“Ombudsman Care” Bentuk Kepedulian Ombudsman Sulbar

2enam,com, Mamuju : Ombudsman Sulbar melaksanakan salah satu program bernama Ombudsman Care. Program tersebut merupakan bentuk kepedulian Ombudsman di tengah musibah yang terjadi.

Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar, Lukman Umar mengatakan, Ombudsman Care pertama dilakukan saat bencana banjir tiga tahun lalu. Program tersebut sudah bertahun-tahun dilakukan.

“Bahkan kami juga sudah lakukan di Majene terkait program ini. Untuk kali ini memanfaatkan peluang di mana teman-teman dinas pendidikan kota Makassar juga turut memberikan permintaan ke kami untuk ikut menyalurkan sumbangan dari dinas pendidikan,” kata Lukman, Rabu 27 Januari.

Lukman mengaku, ini merupakan gelombang kedua. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Ombudsman Sulbar melakukan sistem kupon.

“Kami batasi hingga 200 kupon dan paketnya kebutuhan sembako dan plus uang tunai Rp 50 ribu per orang,” ungkap Lukman.

Salah satu harapan Ombudsman Sulbar ialah selain turut merasakan kondisi ini, pihaknya juga turut mensosialisasikan apa itu Ombudsman. Setidaknya warga mengenal nama Ombudsman.

“Meskipun kita juga kena dampak, tapi kita juga sebagai lembaga negara harus memiliki kepedulian,” jelasnya.

Lukman menjelaskan, kegiatannya itu sudah dilakukan selama dua hari.

“Sesungguhnya ini ada tiga gelombang. Ini masih ada beberapa tapi kami khususkan bagi yang spontan datang ke sini baik mengadu,” ungkapnya.

Menurutnya, sudah ada 25 pengaduan warga sejak gempa. Itupun yang formil. Keluhannya tidak dapat bantuan dan layanan publik.

M4R10

Komentar