oleh

Musrenbang Pemkab Mamuju, Ado: Fokus Pemulihan Ekonomi

2enam.com, Mamuju : Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Mamuju tahun ini bakal fokus pada pemulihan ekonomi.

Wakil Bupati Mamuju, Ado Mas’ud menyampaikan, pemulihan ekonomi dijadikan sebagai tema sebab pandemi dan bencana gempa bumi memukul perekonomian di Mamuju.

“Pemulihan ekonomi. Program-program itu yang dibenahi. Infrastruktur atau akses untuk produktivitas di sektor pertanian, perkebunan, dan peternakan,” kata Ado, Selasa 16 Maret.

Dia menambahkan, infrastruktur tetap dibangun sebagai akses konektivitas perekonomian. Anggarannya bisa dari dua sumber. Kalau dana desa tidak bisa tentu bakal menggunakan APBD.

“Musrenbang kemarin dalam rangka menerima aspirasi masyarakat, melalui pemerintah kecamatan. Di musrenbang juga menggunakan teknologi digital, jadi ada usulan fisik harus ada titik kooridnatnya harus dilampirkan,” ungkapnya.

sementara Camat Mamuju, Syamsul mengatakan, belum memutuskan setiap usulan saat Musrenbang dari pemerintah desa dan kelurahan di Kecamatan Mamuju.

“Banyak yang diusulkan. Karena dalam satu desa dan kelurahan itu ada sepuluh usulannya. Kemarin belum bisa difinalkan karena sementara kami susun dulu. Belum ada semua final,” ungkap syamsul.

Regulasi saat ini, kata Syamsul, mengatur jika usulan dari desa dan kelurahan bakal diputuskan di tingkat kecamatan.

“Kecamatan yang finalkan untuk memilih mana yang skala prioritas. Prioritas harus berkaitan dengan visi misinya bupati dan wakil bupati, seperti pemulihan ekonomi dan penanganan pasca gempa,” tutup Syamsul

m4r10

Komentar