oleh

Musim Durian Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Ako

2enam.com, Pasangkayu : Memasuki bulan Januari hingga juni, musim buah Durian di wilayah Pasangkayu. Diantara bulan tersebut, sebagian masyarakat Desa Ako, kecamatan Pasangkayu, Sulawesi Barat, beralih profesi sementara, untuk berjualan Durian. Mereka mendirikan tempat jualan di pinggir jalan trans Sulawesi di desa Ako, untuk mengais Rejeki dengan berjualan Buah Durian.

Alhasil di Musim buah durian ini, dinilai mampu mendorong perekonomian masyarakat desa Ako jadi lebih baik.

Dari pengakuan salah satu penjual durian di desa Ako, Najmiah, musim durian merupakan musim yang paling di tunggu oleh sebagian petani di desa Ako. Sebab, buah berduri ini, mampu memutar perekonomian mereka menjadi lebih baik. Mulai dari pemilik kebun durian, hingga penjual musiman buah durian juga keciprat manisnya buah durian, dengan mendatangkan Rupiah.

perharinya omzet penjualan Durian dapat mencapai 500 ribu hingga satu juta Rupiah.”ujar Najmiah”

Sementara itu, Durian yang jajakan di pinggir jalan trans sulawesi di desa Ako, di dapatkan dari beberapa desa di di wilayah Pasangkayu.

Mengenai soal rasa, Buah durian di Pasangkayu, tidak kalah dengan Buah durian dari daerah lain di tanah air. Sebab, rasa dan tekstur durian pasangkayu juga legit dan sangat manis.

Disamping itu, Harga durian di desa Ako juga sangat terjangkau.

peminat buah durian pasangkayu tidak hanya datang dari lokalan saja. Setiap saat Najmiah mengirim buah Duriannya ke Mamuju, Polman, Hingga Makassar, sulsel untuk memenuhi permintaan konsumen di luar Pasangkayu.

Dengan demikian, musim durian tahun ini, telah meningkatkan perekonomian masyarakat desa Ako.(IHM*)

Komentar