Muh. Idris Buka Kejuaraan DBON di Mamuju

2enam.com, Mamuju : Sekprov Sulbar Muhammad Idris membuka secara resmi kejuaraan cabang olahraga Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) Sulbar di Mamuju, Senin 11/12/2022.

Kejuaraan itu diikuti atlet dari seluruh kabupaten di Sulawesi Barat, para atlet akan memperbutkan juara DBON dari kementerian Olahraga.

Idris mengaku bangga seluruh atlet dan guru bisa hadir bersama, ini menjadi penting sebagai bagian dari desain besar olahraga yang akan ditempuh pada 2025 untuk mewujudkan Indonesia yang berkarakter unggul dan berprestasi dunia.

“Itu semua tidak bisa tercapai tanpa keterlibatan para guru, apalagi dalam mengisi pembangunan olahraga salah satunya dilakukan dengan mendorong prestasi olahraga pendidikan bisa betul dilaksanakan,” kata Idris.

Itu dilakukan, lanjut Idris karena hampir semua cabor tidak mungkin diperoleh tanpa ada kemampuan daerah untuk membangun suatu usaha yang besar melahirkan para olahragawan sejati.

“Olahragawan sejati itu didapatkan dengan pembibitan, kehadiran guru olahraga bisa mengambil peran untuk memastikan pendidikan olahraga diatur dengan baik untuk mencapai visi olahraga yang diharapkan,” ucap Idris.

Selain itu, tujuan pendidikan olahraga adalah bagaimana menciptakan karakter yang unggul, karakter yang perlu dibenahi adalah karakter yang dari dalam diri.

“Kita ingin memastikan anak-anak berprestasi dan memiliki karakter, seperti para atlet internasional itu memiliki karakter sportif,” lanjutnya.

Itulah sebabnya, kehadiran igornas diharap dapat menciptakan sebuah ekosistem keolahragaan yang terintegrasi. Seperti ada sasaran dan target nasional, untuk mencapainya itu perlu sinergitas seluruh guru yang ada .

“Itu juga dapat didapatkan apabila dikelola dengan baik, dikelola dengan manajemen yang baik, mari semua anak-anakku bahwa masa depan di olahraga sangat menjanjikan dan itu harus dimulai dari sekarang berkomitmen menjadi olahraga sejati,” ucap Idris.

Ia berharap bahwa melalui kejuaraan DBON, yang digelar dapat menghasilkan atlet-atlet yang profesional

Kegiatan itu dihadiri Deputi Pendidikan Prestasi Olahraga Kemenpora , Ketua Ikatan Guru Olahraga Nasional Provinsi Sulawesi Barat, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Sulbar, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten Mamuju.

rls

Komentar