oleh

Monitoring di Rutan Pasangkayu, Ombudsman Sulbar: Fasilitas Layanan Bukan hanya Sebatas Diperadakan

2enam.com, Pasangkayu : Tim Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Sulawesi Barat melakukan kunjungun untuk memonitoring pelayanan publik yang ada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pasangkayu.

Lukman Umar mengungkapkan, “Tim kami turun langsung untuk memonitoring pelayanan publik di sana tanpa memberitahukan sebelumnya ke pihak Rutan Pasangkayu. Setidaknya, kita bisa lihat langsung kondisi yang ada di lapangan.” Jumat (19/3/2021)

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulawesi Barat itu ketika menyampaikan sambutan beberapa saat lalu di kegiatan deklarasi janji kinerja dan pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulbar.

“Ternyata kita menemukan beberapa fasilitas layanan tidak dipergunakan sebagaimana mestinya. Bagaimana bisa digunakan kalau tidak dirawat atau dalam keadaan tidak bersih,” kata Lukman.

Bahkan lembaga yang bertugas mengawasi pelayanan publik itu, tidak menemukan adanya CCTV di sana. Padahal menurutnya, hal itu sangat prinsip untuk mengawasi atau memantau kondisi sekitar.

“Kami juga sempat mendengar beberapa keluhan dari warga binaan di sana. Ternyata sudah 1 tahun lebih mereka belum menerima kunjungan langsung dari keluarga mereka karena alasan Covid-19. Secara kemanusiaan, sebaiknya perlu diperhatikan hal tersebut, tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” tambah Lukman.

Beberapa catatan penting yang menjadi temuan Tim Ombudsman RI Sulawesi Barat langsung disampaikan kepada Kepala Rutan Pasangkayu.

Humas ORI Sulbar

Komentar