oleh

Metode Sainte Lague, 30 Legislator Terpilih Segera Di Lantik

-Mamuju-29 views

2enam.com, Mamuju: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, secara resmi menetapkan perolehan kursi dan calon legislator terpilih hasil Pemilu 2019 melalui Rapat Pleno Terbuka, yang dilaksanakan di Hotel D’Maleo Mamuju, Senin Malam (22/7/2019)

Dengan metode Perhitungan sainte lague, sebanyak 30 Legislator terpilih akan segera dilantik. Dari 30 nama tersebut, Sebanyak 15 orang masih mempertahankan kursi yang diraihnya pada Pemilu 2014 lalu.

15 Legislator itu yakni ; Sugianto (Golkar) ; Suhartono (Golkar) ; Masram Jaya (PAN) ; M. Imran AB (PAN) ; Asdar (PKS) ; Ado Mas’ud (PDIP) ; Muhammad Reza (Gerindra) ; Andi Dodi Hermawan (Hanura) ; Abdul Malik Ballako (Nasdem) ; Ramliati S Malio (Demokrat) ; Mahyuddin (Demokrat) ; Febrianto Wijaya (Demokrat) ; Syamsuddin Hatta (Demokrat) ; Yani Baharuddin (Nasdem) dan Dahlan (Nasdem)

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang mengungkapkan usai penetapan Legislator terpilih tersebut pihaknya akan segera menyurat ke Bupati Mamuju untuk kemudian mengagendakan pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Mamuju Periode 2019-2024

“Hasil dari penetapan ini akan kami teruskan ke Bupati Mamuju untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pembuatan SK lalu diteruskan ke Gubernur untuk kemudian diagendakan pelantikannya. Untuk Pelantikan sudah bukan ranah KPU, tapi menjadi ranah Pemerintah Daerah,” ungkap Hamdan Dangkang

Dari ketentuan PKPU, usai pelaksanaan penetapan calon terpilih dan perolehan jumlah kursi, KPU Memiliki waktu 7 hari kedepan untuk menyerahkan konsideran penetapan ke pihak Pemerintah Daerah.

Pada Pemilu 2019 kali ini, Partai Nasdem melaju dengan 9 perolehan jumlah kursi. Hasil ini sangat signifikan jika dibanding pemilu sebelumnya yang hanya mendapat 1 buah kursi. Ketua DPC Nasdem Mamuju, Abdul Malik Ballako mengungkapkan, hal tersebut buah dari kerja keras seluruh pengurus dan simpatisan Partai Nasdem

“Kita bersyukur karena bisa mendapat 9 kursi pada Pemilu 2019 ini, ini adalah kerja keras kita bersama dan kami legislator terpilih tidak akan menyia-nyiakan amanat rakyat dengan tugas dan fungsi anggota DPRD,” ungkap Malik Ballako

Sementara Partai Demokrat yang pada Pemilu 2018 mendapat 8 kursi, turun signifikan, yang kini hanya mendapat 4 kursi di DPRD Mamuju. Salah satu legislator Partai Demokrat Mamuju, Febrianto Wijaya menilai hal tersebut wajar dalam sebuah demokrasi.

“Begitulah demokrasi, kadang hasilnya kita diatas, kadang juga dibawah, yang terpenting adalah saling merangkul antar sesama. Sikap Demokrat tetap sama, apabila sebuah kebijakan pro kepada rakyat akan kami dukung, namun apabila tidak pro kepada rakyat maka kami akan lawan,” ungkap Febrianto Wijaya.

Perolehan jumlah kursi di DPRD Mamuju, untuk Partai Nasdem mendapat 9 kursi, Partai Demokrat 4 Kursi, Partai Hanura 4 Kursi, PAN 3 Kursi, Gerindra 3 Kursi, Golkar 2 Kursi, serta PDI Perjuangan, PKB, Perindo, PKS dan PBB masing-masing mendapat 1 kursi (*/iqbal)

Komentar