oleh

Merefleksi Setahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati

2enam.com, Mamuju : Memperingati setahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, SH., M. Si dan Ado Mas’ud S. Sos, acara refleksi dan zikir bersama digelar di Rumah Jabatan Sapota, Selasa, 7 Maret 2022. Acara ini dihadiri oleh Bupati Mamuju, anggota DPR Fraksi Partai Demokrat Dr. H. Suhardi Duka, Ketua DPR Provinsi Sulawesi Barat Sitti Suraidah Duka, pimpinan sejumlah bank, para ketua partai politik, juga pejabat teras lingkup Pemerintah Kabupaten Mamuju.

Yang istimewa, acara refleksi ini juga dirangkaikan dengan syukuran pertambahan usia Bupati Mamuju yang ke 38 tahun. Acara diwarnai pemotongan tumpeng serta banyak kue ulangtahun hadiah dari sejumlah tokoh dan instansi seperti Dita Angriani, Ketua KNPI Provinsi Gorontalo.

Acara dibuka dengan zikir bersama. Dipimpin tokoh agama Ustad Rajamuddin Patong, serta menghadirkan sejumlah jamaah ibu-ibu BKMT Kabupaten Mamuju, zikir berlangsung khidmat dan khusyu.

Selepas zikir, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, SH., M. Si memberikan sambutannya. Dalam paparannya, Sutinah mengemukakan betapa tahun pertama kepemimpinannya bersama Ado Mas’ud adalah tahun yang berat dan penuh dinamika menarik. Dibuka dengan bencana gempa bumi, juga wabah pandemi Covid19 yang sangat berdampak pada kondisi sosial kemasyarakatan serta refocusing anggaran.

“Meski demikian, di tengah guncangan yang bertubi-tubi, ternyata kita masih mampu memberikan sejumlah pencapaian dalam kondisi yang serba terbatas. Salah satunya capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mengalami peningkatan dari 68.15 menjadi 68.32. Juga angka Harapan Lama Sekolah yang meningkat dari 13.19 menjadi 13.24. Di sisi lain, kita juga menerima sejumlah atensi dan penghargaan dari berbagai lembaga kapabel, di antaranya penghargaan dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak berupa Anugrah Parahita Ekapraya kategori madya yang merupakan predikat tertinggi dalam komitmen mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak. Juga penghargaan Zona Hijau urusan pelayanan publik dari Ombudsman RI yang mengindikasikan pelayanan publik di Kabupaten Mamuju telah berjalan baik.”

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Mamuju juga diketahui berhasil menjadi Kabupaten pertama di Provinsi Sulawesi Barat yang berhasil mencapai target program vaksinasi Covid19 di atas 70%. Hal ini menunjukkan kebersamaan semua pemangku kepentingan  telah mampu melaksanakan agenda nasional vaksinasi Covid19 dengan baik.

“Di tahun 2022 ini, seluruh masyarakat Kabupaten Mamuju juga dinyatakan sudah dicover Jaminan Kesehatan Semesta atau UHC. Dengan menggelontorkan dana lebih dari 60 Milyar, hal ini tentu membutuhkan political will yang kuat, namun tentu akan sebanding dengan meningkatnya derajat kesehatan masyarakat yang tidak perlu lagi khawatir berobat perihal biaya atau bahkan jual motor karena mau melahirkan,” lanjut Sutinah Suhardi.

Acara kemudian disudahi dengan pemutaran video testimoni masyarakat perihal kepemimpinan Tina-Ado, disusul tausiyah oleh Ustad Rajamuddin Patong, juga makan bersama. Salah satu ASN Pemkab Mamuju yang hadir di acara ini, Ariani, menyatakan rasa bahagianya untuk setahun kepemimpinan Sutinah-Ado, serta pertambahan usia Bupati Mamuju. “Saya doakan semoga Ibu Tina selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan, semakin mampu membawa Mamuju menjadi kabupaten yang keren.”

(Diskominfosandi/RF).’

Komentar