Menpora Tutup Festival Sandeq 2022

Headline, Sulbar13 views

2enam.com, Balikpapan : Festival Sandeq 2022 akhirnya ditutup oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora-RI), Zainuddin Amali di Pantai Manggar, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menpora Zainuddin menyebut para Passandeq ini memberikan angin segar bagi hidupnya kegiatan olahraga di alam terbuka yang dikombinasikan dengan promosi wisata di suatu tempat atau dikenal dengan istilah Sport Tourism.

“Kalau kita masukkan dalam kelompok olahraga, Sandeq ini Sport Tourism,” ujar Zainuddin, Jumat 9 September 2022.

Menpora Zainuddin mengapresiasi ketangkasan dan kekuatan para Passandeq yang memiliki nyali besar mengarungi laut lepas.

“Kalau kita lihat rute perjalanan Passandeq, ini tidak mungkin sampai ke sini. Tapi karena punya nyali besar mereka tiba di Pantai Manggar,” ucap Zainuddin disambut tepuk tangan ratusan orang Passandeq.

Pj Gubernur Akmal Malik, menambahkan, bahwa Festival Sandeq ini dapat terselenggara berkat adanya kolaborasi yang baik dari berbagai pihak. Mulai dari jaringan Perbankan sampai sponsor perseorangan.
Sumbangannya variatif, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 1 miliar.

“Ada juga yang cuma bantu Jagung Rebus, Air Minum, dsb. Jadi sekali lagi, Sulbar kecil tapi berani, punya nyali 100 persen mendukung IKN. Inilah buktinya,” ujarnya.

Akmal berharap agar Festival Sandeq ini menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk membuat gerakan serupa. Yakni kegiatan-kegiatan yang mendukung pembangunan IKN. Sebab menurutnya IKN adalah salah satu instrumen proses pemerataan pembangunan di Indonesia.

Akmal juga berjanji akan membuat gaung Sandeq lebih besar. Terdekat, membawa Sandeq berlayar di Bali.

“Sesuai usulan Pak Mendagri, Sandeq kita bawa Go-Internasional. Kita coba dulu mainkan di Bali, jadi nanti masyarakat internasional yang lihat,” ujarnya.

M4r10

Komentar