Membanggakan, IPM Sulbar Meningkat Dari Tahun ke Tahun

2enam.com, Mamuju :  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sulbar tercatat mengalami kenaikan 0,88 jika dibandingkan tahun 2022. Tahun ini IPM Sulbar tercatat 69,80.

Hal itu berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar yang dikeluarkan baru-baru ini. Kenaikan IPM juga diikuti enam kabupaten di Sulbar. Namun, masih ada tiga kabupaten yang masih di kategori sedang. Yakni Mamuju Tengah (Mateng), Mamasa dan Polewali Mandar (Polman).

Pj Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, IPM sudah menjadi tolok ukur mendasar dalam keberhasilan suatu pemerintahan. Kenaikan IPM Sulbar tentu menjadi sesuatu yang patut disyukuri.

“Apa yang sudah dicapai ini harus kita naikkan kembali agar mendekati rata-rata nasional. Kita harus bergerak mengejar IPM sebagaimana tumbuh di Pulau Jawa,” kata Zudan, Rabu 6 Desember.

Olehnya, kata dia, seluruh pihak mesti ikut bersama-sama mendorong agar angka IPM di Sulbar dapat melonjak signifikan. “Kita provinsi ke 33 di Indonesia. Harapannya kita bisa mengejar provinsi maju saat ini,” bebernya.

Komentar