oleh

Marasa Corner Bangkitkan Geliat UMKM Sulbar

2enam,com, Mamuju : Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharap bangkit di masa pandemi. Kebangkitan UMKM akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Beberapa pengamat ekonomi serta pihak perbankan menganggap jika sektor UMKM dapat menyembuhkan perekonomian yang sempat loyo beberapa bulan terakhir.

Masifnya stimulus dari pemerintah kepada para pelaku UMKM merupakan langkah paling tepat. Suntikan dana kepada mereka yang terdampak dapat membangkitkan kembali geliat UMKM. Tak terkecuali di Sulawesi Barat.

Hal tersebut juga sejalan dengan kebijakan pemerintah melakukan adaptasi kebiasaan baru. Di masa ini, masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tujuannya mengembalikan produktivitas masyarakat

Ratusan pelaku UMKM telah mendapat bantuan suntikan dana dari Pemprov Sulbar maupun dari pemerintah pusat. Hal tersebut dilakukan menyusul pemerintah bakal fokus pada Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021.

Pemprov Sulbar juga terus berupaya menyediakan wadah bagi pelaku UMKM untuk beraktivitas menjual produk-produknya. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Teranyar, Pemprov Sulbar menghadirkan Marasa Corner. Kawasan baru yang terletak di kawasan perkantoran Gubernur Sulbar dibuat sebagai taman terbuka hijau. Para pelaku UMKM juga disediakan tenan khusus untuk menjual produknya.

“Inovasi ini adalah contoh berpikir dan bekerja kreatif. Marasa Corner sangat cocok bagi ASN Kantor Gubernur maupun di kalangan masyarakat karena ini bisa jadi tempat bekerja di alam terbuka, bekerja sambil berwisata,” kata Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, beberapa waktu lalu.

Banyak kalangan menganggap, Marasa corner merupakan contoh proyek perubahan. Diharapkan menjadi pemicu sekaligus agar semua pihak bisa menciptakan hal-hal inovatif, kreatif dan memanfaatkan potensi yang ada.

Meski tergolong baru, Marasa Corner selalu dikunjungi warga. Mulai pagi hingga malam hari. Warga tak perlu takut karena Marasa Corner dikelola secara profesional.

Pengunjung akan selalu diminta tertib. Tetap mengikuti protokol kesehatan. Memakai Masker, menjaga jarak dan sering mencuci tangan. Pengelola tak segan-segan menegur pengunjung yang tidak taat prokes.

Selama pandemi COvid-19, Pemprov Sulbar memang terus memperhatikan keberlangsungan UMKM. Pelaku UMKM yang sebelumnya hanya bisa mengandalkan platform online kini bisa mulai berjualan secara langsung dengan fasilitas yang telah disediakan.

Kepala Bagian Rumah Tangga dan Protokol Biro Umum Sekretariat Provinsi Sulbar Sulbar, Ansar Malle mengatakan, Marasa Corner merupakan program sebagai agen perubahan.

“Terima kasih kepada Gubernur Sulbar yang telah memberikan motivasi dan perhatian langsung kepada proyek Marasa Corner sehingga bisa terealisasi dan berhasil diluncurkan tersebut,” pungkasnya

M4R10

Komentar