oleh

Manasik Haji Murid TK KBA Islam Terpadu Wildan

-Mamuju, Sulbar-57 views

2enam.com, Mamuju, Sebanyak 200 orang murid tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan 69 orang murid KBA Islam Terpadu Wildan Mamuju, Mengikuti manasik atau pelatihan haji di Halaman SD IT Wildan Mamuju, Selasa (06/09/2016).Yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah Mamuju, yang menaungi KBA, TK dan SD Islam Terpadu Wildan Mamuju.

Ketua YPWI Mamuju (Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah Mamuju) Alamsyah, S Pdi, Menuturkan Kegiatan ini, rencananya akan dilaksanakan secara rutin setiap tahun bagi murid TK KBA, hingga tingkat SD Yayasan Ponpes Wahdah Islamiyah Mamuju. sebagai upaya untuk menanamkan semangat dan rasa cinta sejak dini terhadap ibadah haji yang merupakan rukun Islam yang ke lima.

IMG-20160906-WA0010

“Melalui kegiatan ini, kita berharap menjadi salah satu wadah penanaman karakter keagamaan sejak usia dini kepada anak, sebagaimana visi misi ypwi mamuju untuk mencetak generasi yang cerdas dan islami. Bahkan kelak bisa menjadi bekal ketika nantinya mereka sudah dewasa dan mampu melaksanakan ibadah haji,” Ujarnya Alamsyah.

Pelaksanaan latihan manasik haji dilaksanakan secara bergantian. Yakni, untuk tingkat KBA dimulai lebih awal atau pagi yakni mulai pukul 07.00, di ikuti 69 orang peserta yang dibagi dalam dual kelompok dan setelah selesai langsung disambung anak-anak tingkat TK sebanyak 200 orang yang dibagi dalam empat kelompok.

Lanjut Alamsyah, Latihan manasik haji ini, dilakukan pada saat bulan Dzulhijjah, bertepatan dengan pelaksanaan ibadah haji, sebagai salah satu cara untuk mengenalkan mengenai pelaksanaan haji dilakukan pada bulan apa.

“Program ini diselenggarakan rutin setiap tahun sekali di saat bulan Dzulhijjah atau bulan haji tiba. Adapun materinya persis pelaksanaan ibadah haji. Mulai niat, melakukan rukun haji, melempar jumrah, thawaf, sa’i, tahallul dan lain sebagainya,” Tutup Alamsyah. (Humas Wahdah Islamiyah Mamuju*)

Komentar