oleh

Maju di DPD RI Nurdin Pasokkori Mundur Dari KPU Sulbar

-Mamuju, Sulbar-15 views

2enam.com, Mamuju : Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat (Sulbar), Nurdin Pasokkori mengundurkan diri dan mantap maju sebagai calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sulbar di Pemilu 2019.

Hal tersebut diungkapkan Nurdin ketika melakukan konfrensi pers di Cafe Hero Mamuju, Senin (23/04/18).

“Saya sudah memutuskan maju menjadi anggota DPD RI untuk dapil Sulbar, tetapi karena keanggotaan saya di KPU provinsi belum berakhir maka berdasarkan UU dan peraturan KPU, maka saya harus mengundurkan diri agar bisa mendaftarkan diri sebagai calon anggota DPD RI,” ungkapnya.

Langkah pengunduran diri Nurdin harus diambil sebab tenggang waktu pendaftaran calon anggota DPD RI akan berakhir pada 26 April 2018 nanti, sadangkan masa jabatannya di KPU Sulbar masih tersisa 1 bulan lagi.

Dan juga Nurdin tidak dapat mengambil peran di KPU Sulbar lagi, sebab dirinya sudah menjabat 2 periode (10 tahun) di KPU Provinsi dimana sesuai peraturan undang-undang saya sudah tidak bisa lagi menempati posisi tersebut.

Oleh karena itu lanjut Nurdin, pertanggal 20 April 2018 kemarin dirinya sudah menerima surat dari KPU RI untuk menyetujui pengunduran dirinya sebagai anggota KPU Sulbar, tetapi SK pemberhentiannya secara definitif masih sementara diproses, maka saat ini dirinya hanya memegang surat keterangan pengunduran diri yang akan ia gunakan untuk mendaftar sebagai calon anggota DPD RI.

Lanjut Nurdin, ia menjelaskan mengapa memilih maju sebagai calon anggota DPD RI dari pada sekian banyak pilihan seperti menjadi anggota partai politik untuk maju di DPRD kabupaten, provinsi maupun ditingkat nasional.

“Karna kerja-kerja saya selama 15 tahun sebagai penyelenggara terbiasa dengan lingkungan non-partisan. Kedepan garis perjuangan saya di DPD itu lebih nyambung dengan apa yang selama ini saya jalani di KPU,” jelasnya.

Disinggung mengenai persiapan pendaftaran sebagai calon anggota DPD RI, Nurdin mengaku bahwa saat ini seluruh berkas pendaftaran sudah siap termasuk syarat dukungan 1000 KTP.

“Klo syarat pendaftaran sudah siap, termasuk syarat dukungan 1000 KTP, karena saat ini saya sudah mengumpulkan sekitar 1700 KTP dan siap untuk dimasukkan ketika pendaftaran nanti,” pungkasnya. (74b*)

Komentar