oleh

Kreativitas WBP Rutan dan Lapas di Mamuju

-Sulbar-4 views

2enam.com, Mamuju – Untuk menghasilkan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang produktif di rutan dan lapas kelas IIB Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar), pihak rutan serta lapas memberikan pelatihan kreativitas.

Kepala divisi pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulbar, Elly Yuzar mengatakan, untuk tahun 2020, pihaknya memberikan target kepada WBP untuk menghasilkan uang sebesar 10 juta yang akan dimasukkan kedalam kas negara.

“Kita sudah target, untuk tahun ini hasil produksi WBP kita sebanyak Rp10 juta yang nantinya akan menjadi kas negara,”kata Elly Yuzar kepada wartawan saat diwawancarai di rutan kelas IIB Mamuju Sulbar, jalan pengayoman, Mamuju Sulbar, Kamis 27 Februari 2020.

Elly mengungkapkan, untuk tahun 2020 sendiri, pihaknya menargetkan WBP memiliki keterampilan yang dapat menghasilkan.

“Karena mereka mempunyai kewajiban untuk menyetor hasil kreativitas ke negara, untuk itu kita berikan target yang harus dicapai,”ujarnya.

Saat ini, kata Elly, WBP yang ada di rutan serta lapas kelas IIB Mamuju Sulbar sudah mulai berproduksi. Untuk tahanan anak-anak, Kata Elly, tidak diwajibkan berkreativitas karena pihaknya fokus terhadap pendidikan anak-anak itu sendiri.

“Kita tidak mau jika proses pendidikan mereka terhalang. Kita antar mereka ke sekolah terdekat untuk mendapatkan pelajaran seperti pelajar pada umumnya,”pungkas Elly.

Elly juga mengungkapkan, pihaknya sudah membentuk kelompok pemerhati pemasyarakatan. Kelompok tersebut, kata Elly, diketuai langsung oleh raja Mamuju, Andi Maksum Dai.

“Kita jadikan papa raja sebagai ketua kelompok pemerhati pemasyarakatan karena kita tau, beliau sangat didengarkan masyarakat Mamuju,”ungkapnya.

Elly membeberkan, target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Sulbar tahun 2020 sebesar Rp 48 juta. Dia menjelaskan, dari Rp 23 juta kini menjadi 48 juta.

“Untuk rutan serta lapas kelas IIB Mamuju sendiri kita targetkan Rp 10 juta tahun ini,”tutur Elly.

Untuk tahanan perempuan sendiri, Elly mengaku, sudah memiliki produktivitas bahkan mendapat perhatian Wakil Gubernur Sulbar, Hj Enny Anggraeny Anwar.

“Wakil gubernur Sulbar juga sudah memberikan bantuan untuk mereka berproduksi. Tak jarang juga, jika ada kegiatan di Pemprov Sulbar mereka pesan snack di lapas Kalukku,”tutup Elly.

(Eka)

 

Komentar