oleh

KPU Siapkan TPS Untuk Penyandang Disabilitas

2enam.com, Mamuju :  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilih penyandang disabilitas.

Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Hamdan Dangkang mengatakan, KPPS diminta memberlakukan setiap pemilih secara setara. Termasuk kepada kalangan difabel.

KPU Kabupaten Mamuju bakal tetap memfasilitasi para pemilih difabel untuk dapat menyalurkan hak politiknya di 9 Desember 2020 nanti.

“Misalnya bagi yang tuna netra, itu akan disediakan template braille. Begitu pun bagi pemilih yang membutuhkan kursi roda, itu akan kami fasilitasi,” sebut Hamdan.

KPU seperti diketahui berkewajiban melindungi hak suara para difabel, salah satunya dengan membuat TPS yang aksesibel. TPS khusus menjamin para difabel memberikan hak pilihnya dengan mudah.

Hal tersebut juga disimulasikan saat tahap simulasi penghitungan suara. Selain dihadiri oleh KPPS TPS 3 Rimuku, simulasi hari itu juga dihadiri oleh Komisioner KPU Sulawesi Barat, Adi Arwan Alimin.

Hadir pula perwakilan Kejari Mamuju, Polresta Mamuju serta perwakilan Kodim 1418 Mamuju. Seluruh PPK se-Kabupaten Mamuju juga tampak hadir pada pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS, Pilkada tahun 2020 tersebut.

M4R10

Komentar