oleh

KPU Mamuju Siapkan Pos Pelayanan Gerakan Melindungi Hak Pilih

2enam.com, Mamuju : Dalam masa pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada Mamuju 2020, KPU Kabupaten Mamuju segera membentuk pos pelayanan masyarakat dengan tagline Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

Pendirian posko tersebut bertujuan untuk memberi akses pelayanan cepat ke masyarakat yang belum masuk didalam daftar pemilih sementara atau bagi masyarakat yang ingin menanggapi hasil DPS tersebut.

Komisioner KPU Mamuju, Asriani saat dikonfirmasi Selasa, (22/9/2020) mengungkapkan bentuk layanan posko GMHP tersebut sebagai bagian dari visi KPU Mamuju menciptakan Pilkada Mamuju 2020 yang Macoa.

“Masa pengumuman DPS, terhitung sejak 19 September hingga 28 September mendatang, diharapkan kepada masyarakat dapat berperan aktif untuk mencermati, memberi masukan ataupun menanggapi hasil dari DPS tersebut. Apabila ada yang belum terdaftar segera dilaporkan ke pejabat PPS yang berada di posko GMHP kelurahan maupun desa yang telah tersedia mulai hari ini,” sebutnya.

Posko layanan masyarakat GMHP tersebut terletak diseluruh kantor desa dan kelurahan serta kantor kecamatan se kabupaten Mamuju, dengan jam operasional yang diatur oleh PPS dan PPK masing-masing desa/kelurahan dan kecamatan.

“Dalam masa tanggapan DPS ini, pelayanan diberikan diposko adalah tatap muka dikarenakan ada sejumlah dokumen yang mesti diperlihatkan maupun diisi masyarakat ketika menanggapi DPS tersebut,” ungkapnya

“Untuk jam operasional kami tidak batasi semua tergantung dari PPS dan PPK, dan saya yakin semua akan bekerja secara maksimal,” lanjut Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, KPU Mamuju itu.

Adapun Daftar Pemilih Sementara yang telah dikeluarkan oleh KPU dapat diakses masyarakat di sekretariat PPS dan PPK yang terletak di kantor desa, lurah dan kecamatan maupun di tempat-tempat keramaian seperti tempat ibadah dan pusat perbelanjaan yang dipilih oleh pihak PPS dan PPK se kabupaten Mamuju.

Saat ini Jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Mamuju tahun 2020 sebanyak 160.519 pemilih. Terdiri dari 81.342 pemilih laki-laki dan 79.177 pemilih perempuan.

Olehnya peran aktif masyarakat Kabupaten Mamuju diperlukan agar pemilihan kepala daerah, Bupati dan Wakil Bupati Mamuju untuk periode 2021 hingga 2026 dapat berjalan lancar dengan partisipasi pemilih yang tinggi.

“Setelah masa tanggapan masyarakat ini maka pihak PPS dan PPK akan menyusun daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS-HP) untuk kemudian di plenokan hingga tingkat kabupaten,” tutupnya.

Komentar