oleh

KPU Mamuju Mulai Merakit Kotak Suara Pemilu 2019

2enam.com, Mamuju : Dua bulan menjelang pemilu serentak yang akan berlangsung 17 April 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju  mulai merakit ribuan kotak suara pemilu.

KPU menargetkan, perakitan ribuan kotak suara tersebut selesai dalam waktu seminggu, untuk mencapai target tersebut, KPU Mamuju mengerahkan tak kurang dari 20 pekerja.

Ketua KPU Mamuju Hamdan Dangkang mengatakan, perakitan kotak suara berbahan karton dupleks tersebut dilakukan guna menindaklanjuti surat edaran KPU RI Nomor 2272 tentang Pemeliharaan dan Inventarisasi Logistik Pemilu 2019.

KPU Mamuju Mulai Merakit Kotak Suara Pemilu 2019

Perakitan kotak suara sudah dimulai hari ini Jum’at . “Kotak suaranya memang sudah datang beberapa bulan yang lalu, namun baru dirakit hari ini,” kata Hamdan Dangkang, di kantor KPU Mamuju  , Jumat , 8 Februari

Menurutnya, untuk merakit kurang lebih 3.150 kotak suara itu, KPU Mamuju  melibatkan sekitar 20 orang. Di mana setiap orang akan merakit puluhan kotak suara pemilu.

“Satu kotak suara bisa dirakit dalam waktu sekitar 3 menit saja karena tinggal memasangi kabel ties untuk merakitnya. Untuk pengerjaannya mulai dari pagi sampai jam 16.00 WIB setiap harinya,” ujar Hamdan.

KPU Mamuju Mulai Merakit Kotak Suara Pemilu 2019

Ditanya kapan kotak suara tersebut didistribusikan, Hamdan mengatakan, jika surat suara dan formulir data pemilih sudah diterima maka kotak suara akan langsung didistribusikan. Tapi hingga saat ini KPU Mamuju belum menerima kiriman surat suara dan formulir data pemilih.

“Kalau untuk sortirnya kotak suara menunggu surat suaranya datang, kemungkinan pertengahan bulan Maret 2019 sudah bisa disortir,” katanya.

Disinggung mengenai ketahanan dan keamanan kotak suara tersebut, Hamdan mengungkapkan, sudah aman dan kuat. Dia pun mengaku sempat mengetes ketahanan kotak suara yang telah dirakit.

“Tadi sudah saya coba duduki juga kotak suaranya dan ternyata kuat, kalau masalah penyimpanan di gudang saya rasa aman, karena kita menggunakan palet dilapisi plastik untuk dasaran tumpukan kotak suara yang sudah dirakit,” tuturnya. (*)

Komentar