oleh

KPU Mamuju Evaluasi Pelaksanaan Debat Pertama Pilkada Mamuju

2enam.com, Mamuju : Secara umum, jalannya debat publik putaran pertama Pilkada Mamuju tahun 2020 berlangsung lancar dan aman. Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menganggap, debat publik yang berlangsung lancar dan aman itu merupakan satu kebanggan tersendiri bagi KPU Mamuju.

“Kesuksesan yang kami lihat adalah agenda debat publik putaran pertama ini bisa berjalan aman dan lancar. Tanpa adanya komplain dari masing-masing pasangan calon, itu juga kami anggap sebagai satu prestasi tersendiri,” ucap Hamdan Dangkang usai pelaksanaan debat publik putaran pertama di ball room Hotel Matos Mamuju, Sabtu 31 Oktober 2020.

“Secara umum seluruh prosesnya berjalan lancar. Semua yang ada di dalam ruangan termasuk rekan-rekan media, semua patuh pada standar pencegahan Covid-19,” sambung dia.

Hamdan pun berharap, jalannya debat publik yang disiarkan langsung di TVRI Sulawesi Barat dan RRI Mamuju itu bisa menyajikan informasi yang utuh bagi masyarakat dalam menentukan pilihannya pada pemungutan suara, Pilkada serentak tahun 2020 di 9 Desember 2020 mendatang.

“Selaku penyelenggara kami berharap semoga acara ini dapat memberi informasi yang komperhensif kepada masyarakat tentang akan dibawa kemana daerah ini lima tahun kedepan,” ujar Hamdan.

Selain disiarkan secara langsung di dua lembaga penyiaran di atas, jalannya debat publik putaran pertama itu juga ditayangkan secara live via akun facebook KPU Kabupaten Mamuju. Debat publik putaran pertama tersebut berlangsung dalam lima segmen utama.

Pertama penyampaian visi misi oleh masing-masing pasangan calon, pertanyaan kepada masing-masing pasangan calon terkait tema pertama, pertanyaan kepada masing-masing pasangan calon terkait tema kedua, debat eksploratif, serta pernyataan penutup dari masing-masing pasangan calon.

Adapun tema utama pada pelaksanaan debat publik putaran pertama itu adalah ‘Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat, dan Memajukan Daerah, serta Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat dan Strategi Penanganan Covid-19’.

“Evaluasinya jelas. Kami akan melihat apa yang menjadi kendala dan kekurangan pada pelaksanaan debat publik tahap pertama ini. Paling tidak, nantinya kami akan minta kepada tim untuk sejak dini menyiapkan segala sesuatunya untuk keperluan pelaksanaan debat pada putaran kedua nantinya,” tutup Hamdan Dangkang yang hari itu hadir dengan setelah batik, seperti dengan penampilan para Komisioner KPU Mamuju berikut staf sekretariat KPU Mamuju lainnya.

kpumamuju

Komentar