oleh

KPU Mamuju Belum Berencana Menunda Proses Tahapan Pilkada 2020

-Sulbar-0 views

2enam.com, Mamuju : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju belum berencana untuk menunda proses tahapan Pilkada 2020 di tengah perkembangan virus corona (Covid-19).

Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Hamdan Dangkang mengatakan, sebenarnya pada Maret ini, tahapan Pilkada 2020 hanya penerimaan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Selain itu tidak ada tahapanlagi. Semua proses masih berjalan sesuai tahapan, program dan jadwal Pemilihan.

Termasuk, pelantikan PPS tetap sesuai jadwal, dilakukan pada 22 Maret. Namun, tidak dipusatkan di satu tempat. Tetapi dilakukan di masing-masing kecamatan untuk menghindari kerumunan massa

“Tidak ada penundaan.Yang kami diminta penundaan atau pembatalan itu ketika ada Bimtek atau sosialisasi. Tapi, sejauh ini tidak ada,” kata Hamdan, ketika dikonfirmasi, Minggu (22/3/2020).

Hamdan menyebut, KPU Mamuju bakal terus berkoordinasi dengan KPU RI.Dalam hasil rapat pleno kemarin, KPU RI memutuskan beberapa langkah tahapan proses Pilkada mengantisipasi penyebaran virus korona.

Diantaranya, tahapan rekrutmen PPS yang dilanjutkan dengan pelantikan PPS, tidak dilakukan bersamaan dalam jumlah yang banyak. Pelantikan PPS dapat dilakukan di masing-masing kecamatan.

Untuk menghindari kerumunan banyak orang, pelantikan bisa dilakukan bergelombang, pagi hingga sore hari. KPU meminta petugas melindungi diri saat tahapan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan.

KPU meminta petugas menjaga jarak dalam berkomunikasi, hindari kontak langsung dan bersihkan anggota badan dengan hand sanitizer dan penggunaan masker, termasuk membersihkan peralatan yang digunakan. Tahapan pemutakhiran data pemilih dilaksanakan petugas dengan proteksi alat pelindung diri.

KPU juga menginstruksikan agar menunda kegiatan-kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah yang besar hingga 31 Maret 2020. Dan dijadwalkan ulang mulai 1 April 2020, seperti bimbingan teknis, pelatihan dan launching Pilkada 2020.

(MRz)

Komentar