oleh

KPU Mamuju Amankan Surat Suara Pilkada Yang Rusak

2enam,com, Mamuju : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju , Sulawesi Barat mengamankan sejumlah surat suara yang diketahui rusak saat petugas menyortir surat suara Pilkada 9 Desember 2020.

saat penyortiran ada beberapa surat suara yang rusak. kemudian kami minta untuk menyortir lagi. ” ujar Ketua KPU Kabupaten Mamuju Hamdan Dangkang, Senin 30 November 2020

Ia mengaku,  jumlah surat suara Pilkada 2020 yang rusak sebanyak 163 lembar . Menurut Hamdan , seluruh surat suara yang rusak akan didata dan dikumpulkan untuk kemudian dimusnahkan.

Hamdan  memaparkan, KPU Kabupaten Mamuju menerima  162.214 tambah 2,5 % surat suara cadangan sekitar 4.414 surat suara . Jumlah itu adalah surat suara untuk seluruh pemilih di Kabupaten Mamuju yang terdiri dari daftar pemilih tetap, ditambah 2,5 persen plus untuk persiapan pemungutan suara ulang (PSU).

“Dalam proses pelipatan surat suara itu melibatkan kurang lebih 40 orang. Mereka membantu melipat surat suara mulai pagi hingga malam hari,” kata Hamdan .

Menurut dia, proses pelipatan surat suara Pilkada ini juga berlangsung maraton karena jumlahnya juga cukup banyak untuk TPS yang tersebar di 11 kecamatan wilayah Kabupaten Mamuju

“Diharapkan, satu hari sebelum pemberian hak suara, 9 Desember 2020, seluruh kotak suara sudah didistribusikan ke seluruh PPS di Kabupaten mamuju ,” kata Hamdan .

M4R10

Komentar