oleh

Kodim Mamasa Gelar Pembinaan Kerukunan Ummat Beragama

2enam.com, Mamuju : Dalam rangka mewujudkan keharmonisan dan kondusifitas antar umat beragama, Kodim 1428/Mamasa menggelar acara pembinaan kerukunan umat beragama, bertempat di Koridor Makodim 1428/Mamasa, Jl. Poros Mamasa-Toraja Kab. Mamasa Prov. Sulbar, Selasa (30/3/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Kasdim 1428/Mms, Mayor Inf R. Fanny DJ, Pa Staf, para Danramil, Babinsa Kodim 1428/Mms, Bpk Ramli, S.Ag Kasubag Tu Depag Kab. Mamasa (Selaku Nara Simber), Ketua FKUB, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kab. Mamasa Prov. Sulbar dengan mengusung tema, “Mewujudkan Binter TNI-AD yang adaptif melalui kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama demi mencegah konflik sosial antar umat beragama serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa”.

Dandim 1428/Mamasa, Letkol Inf Stevi Palapa, mengatakan “Saat ini Negara kita sedang diuji dengan berbagai gangguan dan ancaman baik yang datangnya dari dalam negeri maupun luar negeri yang bertujuan ingin memecah belah persatuan dan kesatuan anak bangsa dengan isu2 mengadu domba melalui Teror dan Issue SARA.

Hal ini tentunya merupakan tanggung jawab kita semua sebagai komponen anak bangsa untuk mencegah terjadinya potensi ancaman dengan menjalin dan mempererat hubungan silaturrahmi antar umat beragama sehingga terwujud sikap saling hormat-menghormati dan menghargai antar umat beragama dan antar elemen masyarakat lainnya. “lanjut kata Dandim.

“Letkol Inf Stevi Palapa juga mengatakan bahwa, Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan hubungan dan toleransi antar umat beragama demi mencegah terjadinya konflik sosial serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa agar seluruh komponen benar-benar memahami akan arti pentingnya toleransi, meski memiliki perbedaan, baik keyakinan maupun budaya dan adat istiadat.

“Kegiatan ini selain untuk menjalin silahturahmi, juga dalam rangka mewujudkan pembinaan sehingga tercipta sikap toleransi saling menghormati dan menghargai antar penganut agama dalam menjalanankan keyakinan masing-masing sehingga tercipta sikap saling tolong-menolong dan kerjasama yang baik di kalangan masyarakat ditengah kemajemukan dan perbedaan keyakinan agama yang ada”, pungkas Dandim.

Dandim 1428/Mamasa, Letkol Inf Stevi Palapa, S.Pd, juga mengingatkan agar setiap komponen warga masyarakat dapat menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama, dengan menciptakan dan meningkatkan jalinan tali silaturahmi yang terbungkus dalam kebhinekaan karena kerukunan antar umat merupakan modal utama terjaganya kesatuan dan persatuan bangsa, dan terciptanya kondusifitas khususnya di wilayah Kab. Mamasa yang juga merupakan tanggung jawab wilayah teritorial Kodim 1428/Mms.”

(Mkr).

Komentar