oleh

Kepala Puskesmas Binanga; Jangan Takut Virus Corona Hanya Penyakit Biasa

2enam.com, Mamuju : Puskesmas Binanga Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), siap hadapi penyebaran virus Corona. Pernyataan tersebut disampaikan kepala Puskesmas Binanga, Jasman, saat ditemui di kediamannya, Jumat 13 Maret 2020.

“Kami siap melayani pasien yang terpapar virus Corona, dengan segala kemampuan yang kami miliki,”kata Jasman dengan santainya.

Jasman mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik terhadap isu penyebaran virus Corona di Indonesia. Menurutnya, virus Corona adalah penyakit yang biasa saja, hanya saja penyebarannya yang begitu cepat.

“Jangan panik dan jangan takut dengan virus Corona karena penyakit ini sebenarnya adalah penyakit yang biasa saja. Hanya saja penyebarannya yang begitu cepat membuat masyarakat pada umumnya panik, itulah yang harus diantisipasi,”ujarnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah setiap saat mengimbau kepada pasien yang datang untuk segera ke Puskesmas jika terserang penyakit apapun itu.

“Jadi, kemarin pak bupati sudah mengeluarkan imbauan kepada masyarakat untuk tidak panik dan takut akan penularan virus Corona,”ungkap Jasman.

Dia mengaku, setiap ada keluhan masyarakat, pihaknya tetap memberikan pelayanan. Hanya saja, kata Dia, jika ada pasien yang dicurigai terjangkit virus Corona, pihaknya akan arahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Regional Provinsi Sulbar karena keterbatasan sarana dan prasarana.

“Kalau kami di Puskesmas sebenarnya pelayanan tetap dijalankan. Setiap ada keluhan masyarakat, kita tetap lakukan tindakan. Tetapi di puskesmas itu keterbatasan sarana dan prasarana, jadi kalau ada yang terjangkit virus Corona, kita akan rujuk ke RSUD Regional Provinsi Sulbar yang sudah menyiapkan ruang isolasi,”imbuhnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit yang menular. Selain itu, Dia berpesan kepada masyarakat untuk tidak berkontak langsung dengan orang-orang yang baru saja kembali dari luar negeri terutama dari negara-negara yang sudah terserang virus Corona.

“Kami tetap mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, makan makanan yang bergizi, cuci tangan setiap saat menggunakan sabun dengan air mengalir, pakai masker kalau batuk, serta hindari orang-orang yang baru kembali dari luar negeri,”jelas Jasman.

Jika ada orang yang dicurigai karena baru kembali dari luar negeri terutama dari negara-negara yang sudah terserang virus Corona, itu akan diawasi dan pantau.

“Kami akan lihat bagaimana kesehatannya, jika memang dicurigai terjangkit virus Corona itu akan kami sampaikan. Untuk saat ini, belum ada yang kami curigai terjangkit virus Corona Mamuju,”pungkasnya.

(3k4)

Komentar