Kejari Pasangkayu Eksekusi Dua Terpidana Koruptor Bibit Sawit.

2enam.com, Mamuju : Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasangkayu, melakukan eksekusi terhadap dua terpidana korupsi pengadaan bibit kelapa sawit di Dinas Perkebunan Sulbar, tahun 2013.

Kasi Penkum Kejati Sulbar, Amiruddin mengatakan, selama satu pekan, terpidana Hasbudi dicari tim eksekutor yang ditunjuk oleh Kajari Pasangkayu, Muchsin. Namun, terpidana Hasbudi tidak lagi berada di tempat tinggalnya di Pasangkayu. Ia terdeteksi berada di Malili, Sulsel.

“Setelah dilakukan komunikasi dengan kuasa hukumnya, Ester, terpidana Hasbudi akhirnya mau kembali ke Mamuju dan langsung dieksekusi oleh tim eksekutor Kejari Pasangkayu,” kata Amiruddin.

Dua terpidana tersebut adalah Hasbudi Bin Camba, yang dihukum penjara lima tahun dan denda Rp 100 juta subsider enam bulan penjara dan diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 1,6 miliar subsider satu tahun penjara, berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor : 3829K/Pid.Sus/2021 tanggal 15 November 2021.

Sedangkan, terpidana lain Hamrullah Said, dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun dan denda Rp 50 juta subsider tiga bulan kurungan dan membayar uang pengganti Rp 80 juta subsider enam bulan kurungan, berdasarkan putusan MA Nomor : 3813K/Pid.Susu/2021 tanggal 18 November 2021.

Sedangkan, terpidana Hamrullah Said terdeteksi berada di Mamuju dan langsung dieksekusi oleh tim eksekutor Kejari Pasangkayu.

“Eksekusi putusan yang inkrah tersebut dilakukan di Rutan Klas IIB Mamuju pada Kamis 13 Januari 2022, setelah terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesehatan dan Rapid Test Covid-19,” ungkapnya.

rls/M4R10

Komentar