Karantina Sertifikasi Komoditas Kopi dan Buah Mangga

2enam.com, Polman : Karantina Sulawesi Barat turut mensukseskan launching Pelayaran Internasional Perdana Tanjung Silopo Polman – Lahad Datu Malaysia yang dibuka oleh Penjabat Gubernur Sulawesi Barat,. dengan memfasilitasi pelayanan perkarantinaan terhadap komoditas pertanian. Senin (18/12/2023)

Kepala Karantina Sulbar Agus Karyono Fasilitas yang dimaksud adalah pelayanan sertifikasi ekspor untuk komoditas pertanian. diantaranya, biji kopi sebanyak 1,2 kuintal dan buah mangga sebanyak 4 kilogram yang ditandai dengan penerbitan phytosanitary certificate.

“Sertifikasi bertujuan untuk menjamin media pembawa yang dilalulintaskan terbebas dari hama penyakit hewan, dan tumbuhan,” Ujar Agus.

Agus Menjelaskan selain mencegah masuk, keluar, dan tersebarnya penyakit, Karantina juga berperan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap keamanan pangan dan pakan serta menjaga keamanan sumber daya alam hayati.

“Karantina bersama unsur CIQ (Custom, Immigration, Quarantine) lainnya merupakan unsur yang vital terhadap pelayaran internasional,” ungkap Agus.

Pihaknya berharap melalui pelayaran internasional tersebut perekonomian di Sulbar semakin maju karena telah terlibat langsung dalam perdagangan global, khususnya perdagangan komoditas pertanian dan produk pertanian

Pelayaran perdana, Kararntina mensertifikasi beberapa komoditas pertanian diantaranya, biji kopi sebanyak 1,2 kuintal dan buah mangga sebanyak 4 kilogram yang ditandai dengan penerbitan phytosanitary certificate.

rls

Komentar