oleh

Kabupaten Mamuju Tingkatkan PAD Melalui Pariwisata

-Mamuju-2 views

2enam.com, Mamuju : Pemerintah telah memulai strategi pemulihan ekonomi ditengah pandemi covid -19, salah satunya dengan bertumpu pada sektor pariwisata.

Setelah pemerintah mengumumkan kepada masyarakat, untuk memulai hidup baru dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, sektor pariwisatapun kini kembali membuka aktifitas seperti biasanya, begitu pula halnya di Mamuju, dimana salah satu tumpuan Mamuju, adalah sektor pariwisata guna meningkatan pendapatan daerah, (PAD).

Kabupaten Mamuju Tingkatkan PAD Melalui Pariwisata

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten Mamuju, Usdi mengatakan bahwa pihaknya telah membangun komunikasi bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk melakukan langkah pemulihan.

“Maka rencana pihak Kementrian akan melakukan gerakan Bisa (Bersih, Indah, Sehat, dan Aman) di Mamuju, dimana lokusnya di Tapandullu pada 29 Agustus,” kata Usdi saat di konfirmasi,Rabu(26/8/2020).

Selain itu, menurutnya gerakan tersebut sebagai upaya pemulihan pemerintah agar destinasi dan objek wisata dapat tetap berjalan.

“Setelah itu, kami juga akan membangun komunikasi dengan pihak Desa Karampuang, melalui pendamping desa untuk duduk bersama terkait dengan pengelolaan objek wisata,” ujarnya.

Hal tersebut terus di dongkrak pemkab Mamuju sebagai upaya peningkatan PAD, khusunya yang bersumber dari retribusi pariwisata dan pemanfaatan sarana pariwisata.

“Fokusnya adalah intensifikasi pendapatan melalui peningkata pendapatan nilai tarif retribusi yang telah disampaikan ke bagian hukum,” ucapnya.

Ia juga, akan melakukan mencari sumber pendapatan baru yang akan dikelola oleh Disbudpar dimana, sebelumnya hanya bersumber dari Rumah adat, Karampuang, dan permandian sodo serta Air Terjun Tammasapi.

(MRz)

Komentar