oleh

Jika Terpilih, PKS Bakal Usul Tiga RUU Krusial ke DPR

-Mamuju, Sulbar-12 views

2enam.com, Mamuju : Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bakal mengusulkan Rancangan Undang-Undang (RUU) penghapusan pajak sepeda motor, SIM seumur hidup dan perlindungan tokoh agama, jika terpilih nanti.

Menurut Ketua DPW PKS Sulbar, Syamsuddin, khusus pajak meliputi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Balik Nama Kendaraan Bermotor (PBBNKB), Tarif Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, biaya administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk sepeda motor ber-CC kecil.

“Pajak ini menyasar warga menegah ke bawah. Bebannya sangat dirasakan. Yah, memang tujuannya menambah pendapatan negara. Tapi kan bisa dicarikan alternatif lain untuk menutupi itu,” ujar Syamsuddin, Kamis 21 Februari.

Sementara pemberlakuan SIM seumur hidup, kata dia terdiri dari SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C DAN SIM D.

“Sama dengan pajak, untuk mengurangi beban pekerja. Jadi sekali urus. Hanya sekali urus dan mengeluarkan biaya. KTP-el bisa, kenapa SIM tidak?,” sebutnya.

Lanjutnya, khusus perlindungan tokoh agama, PKS ingin seluruh tokoh agama mendapat perlindungan UU. Termasuk melindungi simbol agama. Usulan itu dinilai penting sebab tak sedikit tokoh agama jadi bahan bully-an dan dihina.

“RUU bukan cuma agama Islam. Tapi seluruh agama yang di diakui negara. Ini penting untuk menjaga tokoh agama kita di Idonesia,” tandas Syamsuddin.  (Saharuddin Nasrun*)

Komentar