oleh

Jalur Penerimaan Talent Scouting Polri untuk Putra Putri Berprestasi

-Mamuju, Sulbar-1.656 views

2enam.com, Mamuju : Bagi putra putri SMA atau sederajat yang memiliki prestasi tingkat daerah, nasional apa lagi internasional bisa mendaftar sebagai calon anggota Polri melalui jalur Talent Scouting.

Jalur talent scouting merupakan jalur penerimaan calon anggota Polri dengan memprioritaskan bakat, minat, dan potensi calon yang dibutuhkan oleh Polri.

Karo SDM Polda Sulbar, Kombes Pol Dien Irhastini mengatakan, jalur talent scouting ini sebenarnya sudah dilakukan tahun kemarin untuk pendaftaran di wilayah Polda Sulbar.

“Jalur talent scouting itu sebetulnya ada, dari kemarin-kemarin pun kami juga mengamati. Akan tetapi persyaratannya itu berlevel nasional,” katanya saat coffe morning di Aula Ditlantas Polda Sulbar, Rabu (23/01/19).

Dien juga menuturkan, pihaknya sudah melihat ada beberapa potensi putra putri di Sulbar yang bisa mengikuti jalur talent scouting tersebut, salah satunya putri yang kemarin ikut di Asian Games dan meraih juara.

“Kami juga lihat ada beberapa (anak yang berpotensi ikut telent scouting) ya, terakhir ada yang ikut Asian Games, kami sudah menyarankan untuk bulan depan untuk ikut, karena itu juga termasuk talent scuoting,” tutur Dien.

Lanjut Dien menjelaskan, saat pendaftaran calon yang ikut talent scouting, mereka wajib menuliskan prestasinya pada berkas pendaftaran. Peserta yang mengikuti jalur telent scouting tetap mengikuti seluruh tahapan seleksi pemerimaan seperti biasanya.

“Pada saat mendaftar itu, mereka akan menuliskan prestasinya, baik level daerah atau level nasional dan juga tetap mengikuti tes-tes seperti biasanya, namun catatan talent scouting nanti akan menjadi pertimbangan di pusat,” jelas Dien.

Sementara itu Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Baharudin Djafar menerangkan, jika proses seleksi jalur talent scouting sepenuhnya kewenangan pusat (Mabes Polri).

“Untuk talent scuoting itu, itu yang menentukan di pusat, bukan kita di daerah. Namun di daerah harus memberikan masukan ke pusat, itu akan menjadi nilai positif atau nilai lebih yang bagi calon,” terang Kapolda.

Bukan hanya prestasi di bidang olahraga saja yang bisa mengikuti talent scouting, namun bidang lainnya pun bisa, seperti jika ada yang memiliki kelebihan dapat menghafal Al-Quran sebanyak 30 Juzz, itu pun bisa dimasukkan di jalur talent scouting.

Mengikuti jalur telent scouting menurut Kapolda, akan menjadi suatu keuntungan bagi calon tersebut, sebab akan menjadi nilai lebih baginya dibanding peserta lainnya.

“Misalkan nanti ada nilai yang sama dengan yang lain, tentu ia yang akan dipilih karena dia ada kemampuan yang lebih,” tutup Kapolda. (74b*)

Komentar