oleh

Inspektorat Mamuju Bakal Canangkan Desa Gembira

2enam,com, Mamuju : Inspektorat Mamuju bakal mencanangkan desa di Mamuju, sebagai Desa Gembira atau Gerakan Masyarakat Bersih Korupsi Dana Desa.

Desa Gembira dimaksudkan untuk mengawal dan mengawasi setiap penggunaan anggaran desa dan kewenangan aparat desa sehingga tidak melenceng dari ketentuan perundang-undangan.

Inspektur Inspektorat Mamuju, Muhammad Yani mengatakan, pihaknya menginginkan agar masyarkat di desa ikut berperan aktif dalam suatu kelompok yang memantau dan mengawal jalannya setiap kegiatan di desa.

“Di Desa Gembira ada keterlibatan masyarakat. Masyarakat akan menjadi baggian untuk bersama-sama mengawasi anggaran desa demi kesejahteraan warga,” kata Yani, Rabu 18 Agustus 2021

Nantinya, sambung Yani, ada aplikasi yang digunakan di Desa Gembira dan terhubung dengan Inspektorat Mamuju. Sehingga setiap kegiatan di desa-desa akan terpantau di Inspektorat Mamuju dan bisa disaksikan masyarakat umum.

“Sesuai dengan arahan bupati, bahwa OPD harus berinovasi. Sisi lain, kami sangat terbatas, auditor kami hanya 20 orang sementara objek pemeriksaan kami cukup banyak. Sehingga denga teknologi seperti ini tentu memudahkan kami,” ujarnya.

Dalam sistem aplikasi tersebut sudah diatur kewenangan setiap aparat desa. Sehingga ketika ada ayng melenceng dari kewenangan dapat terpantau.

“Kepala desa akan terkawal dari awal sampai akhir. Untuk jangka pendek kami akan canangkan di empat kecamatan. Kami juga buatkan rancangan Perbup dan rancangan sistemnya kita buat juga. Insya Allah akhir tahun ini atau awal tahun deppan itu sudah berfungsi,” sebut Yani.

m4r10

Komentar