oleh

IKA Unhas Korwil Sulbar Akan Menggelar Semiloka

-Sulbar-43 views

2enam.com, Mamuju, – Menindaklanjuti kegiatan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Korwil Sulbar yang akan dilaksanakan di Kantor Gubernur Sulbar 16 November mendatang, IKA Unhas Korwil Sulbar menggelar konferensi Pers Seminar dan Lokakarya (Semiloka) bersama sejumlah awak media.

Kegiatan yang mengusung tema “Daya Saing Sulawesi Barat Sebagai Penyangga Ibukota Pemerintahan Republik Indonesia” dilaksanakan di salah satu warkop di Mamuju dengan menghadirkan Koordinator Steering Komite, Dr. Suyuti Marzuki, Wakil Ketua IKA Unhas Korwil Sulbar, Drs. Naharuddin,M.Si dan Asrul Abu SP sebagai Ketua Panitia Semiloka, sebagai narasumber.

IKA Unhas Korwil Sulbar Akan Menggelar Semiloka

Mengingat program tersebut akan mempunyai andil besar terhadap Provinsi Sulbar sebagai provinsi terdekat sekaligus daerah penyangga dengan Bakal Ibukota Negara Republik Indonesia yakni Provinsi Kalimantan Timur, diskusi pun dilakukan.

Naharuddin sebagai narasumber mewakili Ketua IKA Unhas menjelaskan, tujuan dilakukannya Semiloka tersebut agar strategi planing yang dirumuskan akan disampaikan ke seluruh stakeholder yang ada bahkan ke Presiden RI dan Bappenas.

“Tujuan dilakukannya Semiloka ini agar pembangunan ibukota Nantinya di Kalimantan Timur juga memperhatikan daerah-daerah sekitarnya sebagai penyangga,”ujar Naharuddin.

Lanjut Naharuddin mengatakan, bahwa seminar dan lokakarya tersebut akan ada gagasan yang sifatnya strategis yang bisa dikolaborasikan dan di implementasikan oleh semua stakeholder pemerintahan baik itu Pemerintah Pusat, Provinsi, dan Kabupaten.

Sementara secara teknis, Ketua Sterring Komite Semiloka IKA Unhas, Dr. Suyuti yang juga bertugas mengarahkan dan mengawal Semiloka ini menjelaskan, beberapa sektor yang dinilai sangat urgen dibangun di Sulbar sebagai provinsi penyangga utama ialah strategi pengembangan, baik itu wilayah dan sebagainya.

“Di Semiloka nantinya, ada output dan dokumen strategi pengembangan dan persaingan mengingat Kalimantan Timur nantinya sebagai Ibukota Negara bertetangga dengan Sulbar. Makanya, kita bangun strategi sebagai Daerah penyangga,”papar Dr. Suyuti.

Beberapa sektor unggulan juga akan di kedepankan IKA Unhas Korwil Sulbar, kata Dr. Suyuti, untuk di rumuskan seperti Komoditi Pertanian, Perkebunan dan Kelautan bahkan Pariwisata di Sulbar.

“Harapan kita tentunya, kontribusi dari Anggota DPR RI Dapil Sulbar dapat mendorong program ini dan mendorong Sulbar sebagai penyangga Ibukota, sebab bagaimanapun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Sulbar ada didalamnya. Makanya, strategi harus benar-benar kita siapkan dengan matang untuk dikembangkan,”pungkasnya.

Adapun Seminar dan Lokakarya yang dilakukan IKA Korwil Sulbar nantinya akan menghadirkan Kepala Bappenas Republik Indonesia sebagai Pembicara Utama, bersama Pembicara lainnya diantarantanya, Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A, Kementrian Pertanian RI, Dirjen Bina Konstruksi Kementrian PUPR, Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perikanan Tangkap, Deputi Bidang, Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata, Dirut PT Taspen, Bank Indonesia, Anggota DPR RI Dapil Sulbar, Hj. Andi Ruskati dan Dr. H.Suhardi Duka MM, serta H.Anwar Adnan Saleh sebagai Praktisi Dunia Usaha.

Secara gamblang, para narasumber memaparkan tujuan Semiloka yang akan diselenggarakan  dirangkum dalam tiga strategi yakni, menghimpun berbagai informasi berkaitan dengan Sulawesi Barat sebagai penyangga ibukota, merumuskan strategi intervensi lokal dalam menjawab tantangan Global melalui peningkatan daya saing, serta melakukan mapping, kolaborasi dan model konsensus antara pemerintah daerah dengan stakeholder.

(Eka)

Komentar