oleh

Idris : Eksistensi PMI Sulbar Patut Diacungi Jempol

2enam.com, Mamuju : Palang Merah Indonesia (PMI) Sulbar memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PMI Ke- 76, Jumat, 17 September 2021. Digelar di masa pandemi Covid-19, kegiatan itu dilaksanakan secara sederhana.

Dengan mengusung tema “Bergerak Bersama, Untuk Sesama”, pelaksanaan Peringatan HUT PMI ini berlangsung di Markas PMI Sulbar, Komp. Rumah Sakit Regional, yang dihadiri Sekprov Sulbar Muhammad Idris dan Ketua PMI Sulbar, Enny Anggraeni Anwar.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan, eksistensi PMI Sulbar dalam memberikan sumbangsih bantuan kepada masyarakat, khususnya pada pelayanan kemanusiaan patut diapresiasi dan diacungi jempol, sebab selalu menjadi garda terdepan dalam membantu sesama.

Ketua PMI Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, yang juga Wakil Gubernur Sulbar pada kesempatan itu menyampaikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan PMI Sulbar selama ini hingga sekarang.

Enny menuturkan, mulai sejak awal adanya Covid-19 sampai saat ini PMI Sulbar masih bergerak di bidang penanganan Covid-19, seperti penyemprotan disinfektan di berbagai lini, baik di perkantoran dan rumah ibadah sesuai permintaan.

“Selain itu, PMI Sulbar  juga melakukan pemberian bantuan kepada pasien- pasien isoman (isolasi mandiri) dan masyarakat yang membutuhkan bantuan di masa pandemi Covid- 19,”tutur Enny

Selanjutnya, kata Enny, PMI Sulbar mengolah dana sekitar 9,5 miliar untuk penanganan pasca gempa dan sudah terlaksana, serta terbagi keseluruhannya kepada yang benar-benar harus menerima bantuan.

Mengenai vaksin Covid-19, Enny mengungkapkan,  Sulbar akan mendapatkan bantuan vaksin sebanyak 25 ribu dosis.

“Vaksinasi harus dilakukan oleh Vaksinator. Tenaga Vaksinator yang ada di Sulbar sangat kurang. Oleh karena itu, PMI Sulbar juga mendapatkan pelatihan Vaksinator untuk melakukan Vaksin. Pelatihan Vaksinator akan dilaksanakan pada 21-22 September 2021 dan bersertifikat dari Kementerian Kesehatan,”ungkap Enny

Enny menyatakan, PMI Sulbar akan menyalurkan langsung Vaksinator ke kabupaten untuk melakukan vaksin.

“Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan TNI-POLRI, PMI Sulbar akan turun langsung  melaksanakan vaksinasi terkhusus kepada lansia dan anak-anak sekolah,”ucapnya

Ia menambahkan, di masa pandemi Covid-19 donor darah sangat terbatas. Hal itu disebabkan masih adanya rasa takut dan masih selektif untuk memilih pendonor sesuai ketentuan yang berlaku.

Pada HUT PMI Ke- 76, PMI Sulbar menyerahkan penghargaan dan paket Goodie Bag untuk relawan enam kabupaten yang telah membantu dalam operasi tanggap darurat bencana gempa bumi (Majene-Mamuju).

(ian)

Komentar