Hatta Kainang Sorot Penanganan Bencana Di Mamasa

Mamuju, Sulbar4 views

2enam.com, Mamuju : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulbar menyorot kinerja BPBD dan dinas sosial terkait penanganan dampak bencana di Desa Salumaka, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa.

Menurut anggota DPRD Sulbar, Muh. Hatta Kainang, pemerintah lewat BPBD dan dinas sosial harus melakukan intervensi penanganan dampak bencana di lokasi itu. Pasalnya, musibah tersebut menyebabkan kerugian dari sisi korban jiwa maupun materi.

“Kami belum melihat aksi nyata dalam penanganan bencana ini sehingga komisi 4 sebagai mitra BPBD Sulbar dan Dinsos Sulbar melakukan intervensi dalam rangka pemulihan,” ungkap Hatta, Sabtu, 12 November 2022.

Berdasarkan data BPBD Sulbar yang diterima Hatta Kainang, musibah longsor di Salumaka, Mamasa mengakibatkan adanya korban jiwa, kerugian materi hingga kerusakan sejumlah infrastruktur.

Wakil Ketua Komisi IV itu mengingatkan bahwa Sulbar adalah daerah rawan bencana. Olehnya, pemerintah perlu selalu siap siaga.

Pihaknya pun akan menggelar rapat dengar pendapat dengan berbagai stakeholder kebencanaan di Sulbar, pada 15 November 2022 mendatang.

Rapat tersebut bertujuan membahas soal implementasi Perda Kebencanaan Sulbar yang merupakan perda inisiatif dewan.

Hatta Kainang juga bakal meminta informasi sejauh mana desain anggaran kebencanaaan di setiap kabupaten.

“Sehingga ruang koloborasi dapat terjadi dalam aksi penanganan bencana di Sulbar,” jelasnya.

(*)

Komentar