Hadapi Pemilu Serentak, Polda Sulbar Gelar Operasional

Mamuju, Sulbar5 views

2enam.com, Mamuju :Dalam rangka menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan tugas kesiapan menghadapi pemilu serentak tahun 2024 agar lebih maksimal, Kepolisian daerah sulawesi barat menggelar Gelar Operasional (GO) triwulan ke III.

Gelar Operasional (GO) yang berlangsung di aula Marannu dipimpin langsung oleh Kapolda Sulbar Irjen Pol Adang Ginanjar didampingi Wakapolda, Irwasda dan Karoops serta dihadiri oleh seluruh kasatgas OMB, Selasa (18/10/2023) di Aula Marannu.

Membuka kegiatan GO, Kapolda mengungkapkan gelar operasional kali ini, selain sebagai anev kita juga untuk mengecek kesiapan pengamanan tahapan pemilu serentak tahun 2024 yang saat di sudah pada tahapan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden pada tanggal 19 oktober sampai dengan 25 november 2023, disusul tahapan kampanye tanggal 28 november 2023 sampai dengan 11 februari 2024, termasuk kegiatan – kegiatan lain yang dilaksanakan wilayah dalam rangka menciptakan kamtibmas yang kondusif.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Kapolda berharap program-program unggulan seperti jumat curhat dan minggu kasih bisa dimaksimalkan untuk menyejukkan suasana.

Menurut Kapolda program jumat curhat dan minggu kasih merupakan program efektif untuk meredam situasi yang tidak kondusif. Dengan turun langsung ke lapangan menyerap informasi atau keluhan masyarakat, melihat permasalahan yang dihadapi masyarakat kemudian bersama sama mencari solusi melalui problem solving.

Selain program Jumat curhat dan minggu kasih ada juga colling sistem untuk melakukan deteksi dini dan deteksi aksi yang menjadikan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, calon legislatif, simpatisan partai politik dan para pendukung capres dan cawapres sebagai subyek informasi dan penggalangan untuk menciptakan suasana sejuk, aman dan tertib menjelang pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

Bersamaan itu, kata Kapolda untuk menghindari konflik yang menguras tenaga atau memecah konsentrasi menjelang pemilu tahun 2024 agar apa yang sudah direncanakan dicek lagi baik kesiapan personel, sarana prasarana dan kesesuaian anggaran sudah ada, tandasnya.

Usai sambutan Kapolda, masing-masing Kasatker juga memaparkan situasi umum maupun alokasi anggaran sebagai kesiapan untuk memaksimalkan pengamanan pemilu 2024.

Humas Polda Sulbar

Komentar