oleh

Gubernur Sulbar Himbau Seluruh Bupati Terkait Covid-19

2enam.com, Mamuju : Terkait kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap penyebaran dan penularan virus Corona (Covid-19)di wilayah provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar memerintahkan seluruh bupati se Sulbar Menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah bahkan keluar negeri.

“Pemerintah kabupaten juga harus memantau warga yang datang dari luar negeri jangan sampai terpapar virus Corona,”kata Ali Baal Masdar, Senin (16/3/2020).

Selain itu Ali Baal Masdar juga mengimbau kepada seluruh bupati se Sulbar yang memiliki bandara dan pelabuhan untuk lebih meningkatkan pengawasan dan mengoptimalkan keluar masuknya orang melalui petugas yang bertanggungjawab dan melaporkan kepada gubernur secara berjenjang.

“Kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak untuk sementara dikurangi, serta melakukan upaya-upaya promotif dan sosialisasi terkait dengan informasi umum dan langkah-langkah pencegahan virus Corona,”Ungkap ABM

Sementara itu Gubernur Sulbar mengimbau untuk mempertimbangkan kemungkinan untuk meliburkan kegiatan belajar di sekolah mulai jenjang TK atau Paud, SD atau MI, SMP atau MTS, serta SMA sederajat.

“Kecuali peserta didik kelas VI, kelas IX, serta kelas XII, berkenan dengan ujian satuan pendidikan dan ujian nasional dapat menyesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan,”ucapnya.

Lebih lanjut Ali Baal Masdar mengimbau, untuk menyiapkan sarana, sumber daya dan tenaga kesehatan yang telah terlatih untuk penanganan kasus suspek dan pasien Covid-19 sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh kementerian kesehatan.

“Pemerintah kabupaten harus mengimbau kepada masyarakat yang mengalami gejala Covid-19 untuk segera mendatangi pusat layanan kesehatan,”imbuhnya.

Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten membuka layanan informasi dan pengaduan terkait Covid-19 yang dapat diakses masyarakat secara luas.

“Apabila ada kasus-kasus masyarakat yang terpapar Covid-19, segera dilaporkan ke gubernur,”Tutup Gubernur Sulbar

(MRz)

Komentar