oleh

Pandemi Covid-19, TP PKK Diminta Berperan Aktif Mengedukasi Masyarakat

2enam.com, Mamuju : Gubernur Sulbar , Ali Baal Masdar menghadiri Pelantikan Pengurus Tim Penggerak PKK Provinsi Sulbar Sulbar periode 2017-2022 di Tribun Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Senin, 25 Oktober 2021.

Gubernur Ali Baal Masdar dalam sambutanya menyampaikan harapan kepada TP PKK Sulbar di semua tingkatan menunjukkan kepeloporan menghadapi pandemi Covid-19 dengan menjadi contoh mematuhi protokol kesehatan sebagai kebiasaan baru yang harus digaungkan. Selain itu, TP PKK juga diperlukan perannya melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai vaksin covid-19 ysng merupakan program pemerintah untuk mewujudkan herd imminity atau kekebalan kelompok

” Saya berharap Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat tidak larut dalam eforia kebanggaan sebagai potensi yang memiliki posisi strategis. Sangat penting juga memiliki kepekaan terhadap berbagai masalah dalam kehidupan masyarakat, untuk diberi solusi penyelesaian. Setidaknya, segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasinya,” kata Ali Baal.

Kepada pengurus TP PKK baru , Ia menyampaikan beberapa hal. Pertama, TP PKK diminta berperan aktif bersama pihak terkait membantu Pemerintah menghadapi pandemi Covid-19, terutama untuk memaksimalkan cakupan vaksin yang hingga saat ini masih tergolong rendah di Sulawesi Barat. Kedua, berperan dalam membantu pemerintah mencari solusi untuk mencegah kematian bayi dan ibu melahirkan. Begitupun untuk mengurangi jumlah Stunting yang juga masih tinggi di daerah kita. Ketiga, meningkatkan peran memberikan edukasi kepada masyarakat mencegah pernikahan dini. Kematian bayi dan ibu melahirkan, stunting, dan pernikahan dini, merupakan tantangan yang membutuhkan peran aktif semua pihak, agar Provinsi Sulawesi Barat beranjak dari posisi saat ini. Keempat, bersama pemerintah dan pihak terkait untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, termasuk mencegah penyalahgunaan narkoba. Kelima, terus menyemangati masyarakat dan keluarga untuk hidup bersih dan sehat. Keenam, menjadi contoh bagi masyarakat merawat keharmonisan rumah tangga dengan cinta dan kasih sayang, saling percaya, dan saling mendukung untuk kesejahteraan keluarga, serta berperan aktif merawat bumi, menjaga kelestarian lingkungan dan hutan, untuk mencegah bencana banjir dan longsor yang sering menimpa daerah kita.

Ketua TP PKK Sulbar Ny.Ruskati Ali Baal mengungkapkan pelantikan kepengurusan di sisa masa jabatan ini mengacu pada hasil rakornas 2021, yang struktur kepengurusannya itu sudah berubah atau berbeda dengan struktur yang lama. Dalam struktur yang baru hanya ada satu ketua saja, dan empat staf ahli, begitu juga dengan keempat pokja-pokja lain yang masing-masing memiliki koordinator.

“Jadi tidak bisa kita mengadakan kegiatan di tahun 2021 setelah rakornas kalau tidak dilantik kepengurusan untuk sisa masa jabatan 2017-2022. Karena PKK ini adalah mitra pemerintah daerah yang diibaratkan seperti kue lapis dan posisi pkk inilah yang berada di lapisan pertama.” tutur Ruskati

Melalui momentum pelantikan ini juga Ruskati berharap kepada semua anggota pengurus, agar ada waktu untuk perbaikan dan menjadi kegigihan, meskipun di sisa masa jabatan ini, waktunya terbilang cukup singkat, namun Ruskati menambahkan waktu bukanlah ukuran untuk melakukan bhakti bagi negri.

 

“Alhamdulillah dengan kerjasama dan sinergitas antar pemerintah provinsi dan kabupaten selain penghargaan kota layak anak di beberapa kabupaten, penghargaan anugerah Parahita Ekapraya juga telah diraih oleh Pemprov sulbar di kabupaten Mamuju, Majene dan polewali Mandar. penghargaan tersebut merupakan kerjasama dan peran serta tim penggerak PKK Sulbar.” terang Ruskati

Turut hadir dalam pelantikan tersebut yaitu Sekprov Sulbar Muhammad Idris, para Asisten, pimpinan OPD, Ketua Jalasenastri Ny. Deasy Temmy Irawan, dan lainnya (Ayu)

 

Susunan Keanggotaan TP PKK Sulbar Masa Bakti 2017-2022

Ketua : Ny. Hj. Andi Ruskati Ali Baal

Staf Ahli I : Ny. Hj. Kartini Hanafi Idris

Staf Ahli II : Ny. Hj. Farhana Mufli

Staf Ahli III : Ny. Hj. Farida Ridwan

Staf Ahli IV : Ny. Hj. Citra Dewi

Sekretaris I : Ny. Faika Bujaeramy Hasan

Sekretaris II : Ny. Andi Hidayah Saleh

Bendahara : Ny. Andi Erieka Novianti Ikhsan

Ketua I Bidang pembinaan karakter keluarga, Pokja I : Ny. Hj. Kartika Jamil

Ketua II Bidang pendidikan dan peningkatan ekonomi keluarga, Pokja II : Ny. Hj. Darmawati Rahmat

Ketua III Bidang penguatan ketahanan keluarga, Pokja III : Ny. Hj. Haniah Thamrin

Ketua IV Bidang kesehatan keluarga dan lingkungan, Pokja IV : Ny. Asiarni Natsir

Komentar