Gubernur Sulbar Buka Latsar CPNS Dua Kabupaten

Mamuju, Sulbar3 views

2enam.com, Mamuju : Gubernur Sulbar  Ali Baal Masdar membuka Pelatihan Dasar (Latsar)  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju,  di Balai Diklat BPSDM Sulbar, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Kamis 23 Desember 2021.

Pada pembukaan Latsar CPNS tersebut, Gubernur Sulbar didampingi Asisten III Bidang Administrasi dan Umum, Djamil Barambangi,  Kepala BPSDM Sulbar,   Yakub F. Solon dan Kepala BKD Sulbar,  Zulkifli Manggazali.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar berharap, dengan dilaksanakannya Latsar CPNS  yang diangkat dari seleksi yang ketat dengan menggunakan sistem CAT tersebut, mampu meningkatkan pengetahuan dan memperluas wawasan CPNS, agar nantinya dapat mengemban dan menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi dengan baik secara optimal.

Melalui kesempatan itu, Ali Baal menyinggung terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulbar. Ia mengatakan,  pembangunan manusia di Sulbar terus mengalami kemajuan. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya IPM Sulbar pada Tahun 2020, yakni tercatat 66, 11.

Angka tersebut, lanjut Ali Baal, meningkat sebesar 0,38 poin atau tumbuh sebesar 0,58 persen dibanding keadaan Tahun 2019. Apalagi hasil Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Sulbar menduduki peringkat pertama nasional.

“Hal ini sangat membanggakan, karena jerih payah kita semua untuk kemajuan Sulbar dapat menuai hasil. Walaupun kita ketahui bersama belum semua bisa kita wujudkan, namun perlu kita sadari karena dengan adanya Covid-19 membuat semua sektor mengalami kemunduran, diperparah lagi dengan Sulbar dilanda gempa bumi 6,2 Magnitudo,”kata Ali Baal

Ia menambahkan, keberhasilan organisasi ditentukan oleh kemampuan sumber daya yang handal dan profesional, sehingga mampu menciptakan iklim birokrasi yang bermutu dan mengedepankan kepentingan publik.

 

“Oleh karena itu, dibutuhkan karakter dan mindset Aparatur Negara yang dapat mengambil peran dalam perbaikan tata kelola pemerintahan baik dan menjadi birokrasi berkelas dunia,”pungkasnya

Kepala BPSDM  Sulbar,  Yakub F. Solon menyampaikan, tujuan dasar pelaksanaan Latsar CPNS ialah membentuk PNS yang profesional, berkarakter dan dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai PNS, dan pengetahuan tentang kependudukan dan nilai peran PNS yang menguasai bidangnya, sehingga mampu melaksanakan tugas secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

“Pelaksanaan Latsar ini merupakan gabungan dari dua kabupaten dengan jumlah 155 orang, dengan waktu selama 16 hari menggunakan metode MOOC dengan sistem IT,”bebernya

(farid)

Komentar