oleh

Gubernur Sulbar Berharap OPD Terkait  Maksimalkan Penurunan Stunting

2enam.com, Mamuju : Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menghadiri rakornas dalam rangka percepatan penurunan stunting secara virtual, Senin, 23 Agustus 2021

Rapat yang dipimpin Wapres Ma’ruf Amin, dihadiri para menteri dan kepala daerah se-Indonesia. bertujuan dalam rangka percepatan penurunan stunting di seluruh wilayah Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Wapres Ma’ruf Amin, berpesan kepada seluruh jajaran pemerintah daerah (pemda) untuk dapat melakukan pemetaan semua program dan kegiatan, serta anggaran untuk fokus melakukan percepatan penurunan stunting di berbagai wilayah Indonesia.

“Dari pemetaan tersebut, pemerintah daerah kemudian dapat menyusun rencana kegiatan, selanjutnya dengan mengoptimalkan berbagai sumber pendanaan, agar seluruh layanan yang dibutuhkan dapat diterima oleh kelompok sasaran,”pungkas Ma’ruf Amin

Ma’ruf Amin menyatakan, upaya percepatan penurunan prevalensi stunting di Indonesia telah dilakukan secara multi sektor, sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Program-program tersebut dilaksanakan melalui berbagai mekanisme implementasi dan pendanaan.

Usai mengikuti rapat, Gubernur Ali Baal menyampaikan harapan, kiranya program penurunan stunting di Sulbar dapat segera dimaksimalkan oleh OPD-OPD terkait, terlebih pada pejabat fungsional agar  lebih melakukan kegiatan  bersifat aksi di lapangan.

Asisten I Bidang Pemkesra Setda Sulbar, Muh. Natsir menyampaikan, sebagai bentuk upaya penurunan angka stunting di seluruh wilayah Indonesia,  pemerintah melakukan rapat koordinasi dalam rangka menggalang secara bersama untuk penurunan stunting di Indonesia khusus bagi Sulbar.

Natsir mengatakan, melalui rakornas tersebut diharapkan seluruh satkeholder terkait  dapat membangun koordinasi dan tim terpadu  dalam menangani 8 (delapan) aksi intervensi penanganan stunting di seluruh wilayah Indonesia.

(farid)

Komentar