oleh

Gedung Satpol PP dan Damkar Telah Rampung

2enam.com, Mamuju : Gedung Satpol PP dan Damkar Kabupaten Mamuju sudah rampung. Pihak balai telah menyerahkan bangunan tersebut ke Pemkab Mamuju

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sulbar, Normansyah Wartabone mengatakan, kita sama-sama mengawal kegiatan pembangunan gedung satpol dalam beberapa bulan kemarin sekitar hampir lima bulan.

“Kita tahu gedung ini porak-poranda setelah gempa dan setelah kita lihat hasil pemeriksaan baik mulai dari pemeriksaan tanah, struktur. Kita tahu kondisi tanah ini apalagi pemasangan pondasi membutuhkan kedalam lebih dari delapan meter. Itu sudah kita perhitungkan melalui teman-teman pusat,” sebut Normansyah, Jumat 1 Oktober.

Menurutnya, dalam pembangunan pihaknya memakai struktur gempa terbaru. Standar gempa terbaru itu diperkirakan bisa lebih kuat hingga 8 Skala richter. Umur bangunan pun diharapkan dapat bertahan hingga 50 tahun ke depan.

“Kita lihat hasilnya pada pagi hari ini, kita sama-sama. Saya sangat mengapresiasi tim yang telah bekerja terutama dari tim dari PT Hutama Karya dan konsultannya. Hasilnya luar biasa dan jauh dari kondisi awal ketika gedung kami periksa,” ujarnya

Ia menambahkan, pihaknya sangat berharap agar kedepannya bangunan ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya dan paling penting merawat agar gedung ini dipakai dalam jangka yang lama.

Di tempat yang sama, Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi menyebutkan, rasa terima kasihnya kepada balai dan HK yang sudah menyelesaikan pengerjaan pembangunan kantor satpol pp dan beberapa bangunan lainnya.

“Semua ini dampak dari bencana gempa 15 Januari lalu, tidak ada yang menginginkan bencana tapi kita juga tidak bisa menghindari. Bangunan ini tahan gempa 8 Skala richter. Tapi mudah-mudahan tidak ada lagi. Beberapa hari lalu kita kena gempa lagi 5.0 itu sudah banyak yang mengungsi lagi,” ungkapnya.

Ia berharap, semoga tidak ada lagi bencana besar. Karena dampaknya sangat kita rasakan. Sampai sekarang dampaknya belum bisa kita selesaikan. Saya saja itu masih berkantor di kantor keuangan. Mudah-mudahan akhir desember sudah bisa selesai kantor bupati.

Kasatpol PP dan Damkar Edi mengaku bersyukur di bulan oktober ini pihaknya menerima secara resmi dari PT HK bangunan yang sudah dikerjakan ini.

“Harapan kami mudah-mudahan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Walau pun kantor bagus kalau tidak ada pemeliharaan yang baik tentu akan berjalan baik.Untuk saat ini ada 80 orang anggota Satpol PP PNS yang bertugas di sini. Sementara Damkar masih berkantor di depan karema,” kunci Edi.

M4R10

Komentar