oleh

FKPT-BNPT , Akan Gelar Dialog Pelibatan Masyarakat Cegah Radikalisme-Terorisme

-Mamuju, Sulbar-20 views

2enam.com,Mamuju, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulawesi Barat akan menggelar dialog, Rabu (07/09/16), besok, dengan melibatkan masyarakat dan tokoh budayawan di daerah ini.

Kegiatan tersebut akan digelar di Hotel maleo, Mamuju, dan akan dihadiri dua narasumber ahli Nasional. Yakni, Koordinator Staff Ahli BNPT, Anwar Sanusi, dan mantan kepala instruktur perakitan Bom Jamaah Islamiyah, Ali Fauzi. Ali Fauzi adalah saudara kandung dari Amrozi dan Ali Imron.

Kedatangan narasumber Nasional ini didampingi Staf Deputi 1 BNPT, Muhammad Alfian dan Adi Prasetyo, serta Staf Inspektorat BNPT, Sri Winarti.

Sementara, untuk narasumber lokal, FKPT Sulbar akan menghadirkan tokoh Budayawan Mandar, Suradi Yasil dan Tokoh Budayawan Mamuju, Abd. Rasyid Kampil.

“Kita undangan dari berbagai kalangan pegiat seni dan budaya di Sulbar sebagai peserta. Ada Sanggar-sanggar seni, Dewan Kebudayaan Mandar, Dewan Hadat Gala’gar Pitu Kerajaan Mamuju, hingga komunitas pemuda yang konsentrasinya di bidang seni dan budaya,” sebut Sekretaris FKPT Sulbar, Ashari Rauf.

Ashari berharap, dengan kolaborasi narasumber nasional dan lokal ini akan melahirkan sebuah instrumen dan komitmen dari semua peserta yang hadir untuk mencegah dan menolak apapun bentuk radikalisme dan terorisme masuk di Sulbar.

“Daerah kita ini adalah daerah yang sangat khas dengan budayanya. Itulah sebabnya, kalau kolaborasi narasumber ini benar-benar diserap dengan baik, maka akan melahirkan komitmen bersama, untuk mencegah dan menolak radikalisme dan terorisme itu,” harapnya.

Ashari juga berharap, agar dialog tersebut memberikan pemahaman kepada peserta betapa pentingnya mencegah aksi-aksi radikalisme dan terorisme dari kelompok-kelompok yang menginginkan perpecarahan di NKRI.

“Ancaman radikalisme dan terorisme ini menggrogoti keutuhan NKRI. Radikalisme dan terorisme ini adalah Ekstraordinary Crimes (Kejahatan luar biasa). Makanya, mari kita cegah secara bersama,” terangnya.(AR*)

Komentar