oleh

Enny Anggraeny Anwar Membuka Sosialisasi Saber Pungli

2enam.com, Polman  : Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar membuka acara Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Bagi Penyelenggara Pemerintahan Daerah, Kamis 4 November 2021.

Bertempat di Ballroom Hotel Ratih, Polewali Mandar, sosialisasi tersebut diselenggarakan oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Sulbar. Kegiatan itu mengusung tema”Melalui Sosialisasi Saber Pungli, Kita Tingkatkan Efisiensi dan Transparansi Pelayanan Publik Pada Instansi Pemerintah dan Masyarakat”.

Dalam Sambutannya, Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar mengemukakan, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor  87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, merupakan salah satu bagian dari kebijakan pemerintah, dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum dalam bentuk pembangunan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil.

“Untuk mewujudkan hal ini perlu pemahaman kepada semua komponen masyarakat, karena kita tahu bahwa banyak kasus yang terjadi hanya karena kurangnya pemahaman terhadap regulasi yang berlaku,”kata Enny

Untuk itu, menurutnya, sosialisasi itu merupakan salah satu alternatif yang terbaik untuk memberikan pemahaman terhadap berbagai aturan yang berkaitan dengan tugas pokok kita guna meminimalkan terjadinya pungli.

“Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Saber Pungli untuk ASN di Polewali Mandar, saya harapkan dapat memberi motivasi yang sangat besar kepada ASN untuk mengatasi Saber Pungli di lapangan,”ujar Enny

Enny mengatakan, melalui sosialisasi tersebut diharapkan dapat tercipta sinergi dalam pelaksanaan tugas Satgas Saber Pungli dengan Unit Pemberantasan Pungli Sulbar.

“Apabila ada hal-hal yang penting, maka kepada seluruh anggota Satgas provinsi dan kabupaten untuk segera dibicarakan dengan Pimpinan Tertinggi UPP provinsi dan kabupaten, supaya kedepan Satgas lebih maju dan berprestasi,”imbau Enny

Enny mengaku sangat bangga kepada seluruh anggota Satgas Saber Pungli yang bertugas pada tahun ini. Ia berharap, agar semua personil yang bergabung dalam Satgas Saber Pungli tetap semangat  dan dapat melaksanakan tugas dengan  profesional dan penuh rasa tanggungjawab, guna mewujudkan situasi kehidupan masyarakat yang bebas pungli dan juga meningkatkan wibawa hukum, serta demi terwujudnya Sulbar  yang Maju dan Malaqbi.

Melalui kesempatan itu, Enny menyampaikan,  dengan kehadiran UPP Sulbar diharapkan masyarakat pada umumnya dapat memberikan informasi dan pengaduan jika menemukan adanya tindakan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab melakukan pungutan liar.

Ia menambahkan, pada tahun ini, Saber Pungli di beberapa kabupaten di Sulbar sudah berjalan dengan baik.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli UPP Sulbar,  Irwasda Polda Sulbar, AKBP Benny Ganda Sudjana mengatakan, harapan besar dari kegiatan itu yakni meningkatnya kesadaran dari masyarakat dan tentunya ASN sebagai pelayan publik lebih taat kepada aturan dan ketentuan-ketentuan yang ada, tidak melakukan pungutan liar.

“Saya berharap, dengan terlaksananya sosialisasi ini masyarakat dapat lebih memahami tentang Saber Pungli, serta instansi pemerintah sebagai pelayan publik lebih taat terhadap aturan dan regulasi yang ada,”ucap Benny

Adapun sasaran Saber Pungli, kata Benny, adalah seluruh pelayanan publik yang ada di wilayah Sulbar, dengan harapan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dapat mensupport setiap kegiatan dari Tim Saber Pungli.

“Dengan dukungan dari pemerintah daerah, kami berharap ke depan Saber Pungli Sulbar bekerja lebih maksimal,”tuturnya

Ia menambahkan, perlu diketahui ke depan struktur Saber Pungli akan diperbaharui dengan melibatkan berbagai instansi, seperti Ombudsman dan instansi lainnya.

Turut hadir pada sosialisasi tersebut, Inspektur Inspektorat Sulbar, Mappeara, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Darmawati, serta undangan lainnya.

(ian)

Komentar