oleh

Empat Kabupaten di Sulbar Capai Level 3 Maturasi SPIP

-Mamuju, Sulbar-11 views

2enam.com, Mamuju : Empat (4) kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mendapatkan penghargaan maturasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level tiga (3) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan BPKP, Ernadhi Sudarmanto kepada Kabupaten Majene, Pasangkayu, Mamuju dan Polewali Mandar berdasarkan penilaian yang dilakukan BPKP.

Maturasi SPIP merupakan kerangka kerja yang memuat karakteristik dasar yang menunjukkan tingkat kematangan penyelenggaraan SPIP yang terstruktur dan berkelanjutan. Tingkat maturitas ini dapat digunakan paling tidak sebagai instrumen evaluatif penyelenggaraan SPIP danpanduan generik untuk meningkatkan maturitas sistem pengendalian intern.

Kepala Perwakilan BPKP Sulbar, Arif Arianto mengatakan, penilaian maturasi SPIP ini merupakan target dari Presiden Joko Widodo.

“Presiden Joko Widodo menargetkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, level maturitas SPIP pemerintah daerah pada tahun 2019 pada level  3 (berkembang) dari skala 1-5 dan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah,” katanya saat sambutan di Workshop SPIP, Rabu (05/12/18).

Arif dalam kesempatan tersebut menuturkan bahwa keberhasilan pembinaan SPIP yang dilakukan BPKP tergantung dari kerjasama dan komitmen Pemerintah Daerah dalam melaksanakan SPIP.

“Keberhasilan pelaksanaan SPIP tersebut otomatis akan mendorong terwujudnya SPIP yang baik pada suatu K/L atau Pemda serta meningkatnya hasil penilaian maturitas ke jenjang yang lebih tinggi,” tuturnya.

“Dengan dicapainya level 3 maturasi SPIP itu menandakan bahwa instansi tersebut telah malaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik namun evaluasi atas pengendalian intern dilakukan tanpa dokumentasi yang memadai,” tuturnya lebih lanjut.

Ia pun berharap kedepannya seluruh kabupaten di Sulbar dapat mencapai level yang sama.

“Semoga kedepan seluruh kabupten bisa mencapai level yang lebih tinggi lagi,” tutupnya. (74b*)

Komentar