oleh

DPT Berpotensi Mengalami Kenaikan Jumlah

-Mamuju-4 views

2enam.com, Mamuju, РTerkait verifikasi data kependudukan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamuju 2020, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mamuju Agung Pattola  mengatakan, belum ada koordinasi dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten.

“Terkait verifikasi secara khusus, belum ada koordinasi dengan pihak KPU. Yang jelas kami punya data dan itu yang kami sajikan apabila diminta,”ujar Kadisdukcapil Agung saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Kamis (24/10/2019).

Sampai saat ini, kata Kadisdukcapil, belum ada permintaan dari pihak KPU Kabupaten Mamuju terkait data tersebut.

“Belum ada, kan masih tahapan mungkin dan untuk diketahui juga, mereka (KPU, red) punya data yang sama dengan yang ada di server kami, KPU ada hak akses user id untuk masuk dalam Data Konsolidasi Bersih (DKB) kami di pusat,”ungkap Disdukcapil Mamuju.

Sampai saat ini, lanjut kata Disdukcapil Mamuju, data pemilih Mamuju berpotensi mengalami pertambahan jumlah.

“Iya. Potensi kearah situ, pasti ada melihat bertambahnya setiap hari usia pemilih yang mencapai 17 tahun dan adapula yang belum sampai 17 tahun tapi sudah menikah, itu kan diperbolehkan,”pungkasnya.

Kadisdukcapil menjelaskan, bahwa KPU Kabupaten bisa mengakses sebagai data dari Disdukcapil.

“KPU bisa mengakses tapi hanya sebagian karena yang tidak ada di KPU adalah data harian kami. Misalnya saja, kami sudah berubah, mereka masih stabil. Kan kami tiap hari bergerak,”tutur Kadisdukcapil.

Untuk Pilkada, Ia mengatakan, pihaknya bukan termasuk sebagai penentu Daftar Pemilih Tetap (DPT) tetapi hanya sebagai pembanding data.

“Kalau menyangkut masalah Pilkada, kami bukan termasuk penentu DPT tetapi sebagai pembanding boleh,”tutup Kadisdukcapil Kabupaten Mamuju.

(Eka/*)

Komentar