DPD I Golkar Sulbar 5 Maret Gelar Musda

Mamuju, Sulbar60 views

2enam.com, Mamuju : Dewan Pimpinan Daerah (DPD)  I Golkar Sulbar menetapkan musyawarah daerah (Musda) digelar 5 Maret mendatang. Kepastian itu setelah DPD I Golkar Sulbar menggelar rapat pleno diperluas di Hotel d’Maleo Mamuju, Minggu, 16 Februari.

“Tadi sudah diputuskan melalui pleno, kita akan musda 5 Maret. Kita harapkan Golkar kedepan memang harus dipimpin sama yang difinitif. Sudah lima tahun di sini Plt,” kata Sekretaris DPD I Golkar Sulbar, Hamzah Hapati Hasan usai rapat pleno, Minggu, 16 Februari.

DPD I Golkar Sulbar 5 Maret Gelar Musda

Sekadar diketahui, DPD I Golkar Sulbar awalnya sudah dijabat Plt sejak ditinggal Anwar Adnan Saleh sebagai ketua defenitif. Plt pertama yakni Nurdin Halid, selanjutnya Hamka B Kady, dan terakhir Ibnu Munzir.

Ditanya soal kesiapannya untuk maju sebagai ketua, Hamzah Hapati Hasan mengaku siap. “Kita sebagai kader pasti siap. Tetapi biar kita siap kalau pemilik suara tidak mendukung. Kalau dipercaya (akan maju),” katanya.

Intinya, kata dia, Musda ini harus berkualitas. Menghasilkan pengurus yang solid. “Kita hindari pemilihan yang bersengketa, kalau perlu aklamasi. Jangan setelah pemilihan yang tidak terpilih ada gerbong baru,” katanya.

DPD I Golkar Sulbar 5 Maret Gelar Musda

Plt Ketua DPD I Golkar Sulbar, Ibnu Munzir mengatakan amanah Musda tertuang dalam rekomendasi hasil Munas. Yakni DPD diwajibkan Musda dalam rentang tiga bulan pasca Musda. “Hasil munas tiga bulan harus Musda,” katanya.

Adapun syarat calon ketua DPD, kata dia, sudah diatur dalam Peraturan Organisasi (PO) dan Aanggaran Rumah Tangga (ART) Golkar. Diantaranya, harus kader aktif minimal lima tahun, tidak punya hubungan keluarga secara vertikal di partai lain.

“Kriteria sesuai PO. Mensyaratkan calon ketua sudah aktif lima tahun menjadi kader. Perlu digarisbawahi, tetap ada diskresi. Diskresi itu hanya untuk calon ketua yang mau kedua atau ketiga kalinya tetapi perolehan suara partai tempat dia memimpin tidak sesuai target,” katanya.

Adapun yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Musda yakni Usman Suhuriah. Dia merupakan wakil ketua DPRD Sulbar. Usman mengaku pleno baru sebatas menetapkan jadwal. Sedangkan untuk lokasinya ada dua opsi yakni Mamuju atau Pasangkayu.

Sementara untuk Organization Committee (OC) dan Stering Committee (SC) masih akan ditentukan selanjutnya di rapat internal. “Baru jadwal yang sudah ditetapkan. Kita punya waktu tiga pekan untuk memperisapkan segalanya, termasuk proses penjaringan bakal calon, ” katanya.

(4r)

Komentar