oleh

DKP Matra Budidayakan Rumput Laut

2enam.com, Pasangkayu  Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Matra, manfaatkan teluk di Bonemanjeng, desa Doda, Kec. Sarudu Matra, untuk Budidaya Rumput Laut.

bentuk pantai yang berteluk di Bonemanjeng dengan perairan yang memiliki kwalitas air laut

dan terlindung dari ombak yang kuat serta memiliki terumbu karang, memiliki potensi untuk Budidaya Rumput laut.

“Sebelum kami mengajak masyarakat setempat, untuk membudidayakan rumput laut, terlebih dahulu kami meninjau dan perhatikan perairannya (Bonemanjeng), dan peninjuan ini sering kali kami lakukan, dan sangat mendukung untuk pertumbuhan rumput laut” tutur Andi Nasriadi, kabid. Budidaya DKP matra.

Budidaya Ganggang Laut atau agar-agar (nama lain dari rumput laut) adalah yang pertama kali di Kab. Matra, menggunakan metode lepas dasar dengan tali panjang yang membentang kepermukaan laut, dan menggunakan botol Aqua bekas, sebagai alat untuk untuk mengapung.

Andi Nasriadi mengaku, telah memberikan bantuan bibit kepada kelompok tani (Poktan), yang mereka bina selama tujuh bulan, dengan luas 10 hektar, yang mencapai hasil panen satu ton tiap hektarnya.

“Kondisi perairan kita yang ada disana itu sangat bagus untuk pengembangan Budidaya rumput laut, dengan masa siklus panen 25 hari, jadi sangat berpotensi menjadi penghasilan tetap untuk masyarakat setempat, dan berbeda dengan daerah lain yang masa siklus panennya mencapai 45 hari” ujar Nasriadi

Ketua (Poktan) Budidaya Rumput laut Bonemanjeng, Tambo mengatakan, dia dan anggota kelompoknya, sangat terbantu dengan adanya Budidaya Rumput Laut hadir di desanya, karena sebelumnya ia hanya buruh panen sawit, diperkebunan tetangga dan kerabatnya, serta memancing ikan dengan cara melaut, sebagai penghasilan tambahannya.

“Saya sangat bersyukur karena saya tidak jadi tukang panen sawit lagi, karena pekerjaan pelihara rumput laut ini tidak menguras tenaga walaupun harganya cuman Rp.10.000 satu kilo, dan saya juga mengharapkan perhatian pemerintah, ditambah lagi bantuan bibitnya, bila perlu berikan juga kami mesin katibting kalau masyarakatnya ingin sejahtera” pungkas Tambo. (IHM*)

Komentar