oleh

Disparbud Mamuju Bakal Hadirkan Siswa dan Mahasiswa Saksikan Ritual Adat Massossor Manurung

-Mamuju, Sulbar-72 views

2enam.com, Mamuju : Ritual adat Massossor Manurung atau mensucikan keris pusaka milik Kerajaan Mamuju, akan dihelat tahun ini.

Ritual rutin digelar dua tahun sekali. Terakhir kali terlaksana di Rumah Adat Mamuju, Kamis 13 Juli 2017, lalu. Tapi ada yang berbeda dalam ritual kali ini. Sebelumnya hanya dihadiri para tetua adat dan aparat pemerintah. Tahun ini, mengundang siswa SMA sederajat dan mahasiswa.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Mamuju, Usdi, inisiatif menghadirkan generasi muda sebagai upaya melestarikan budaya. Lokalisasi perlu dijaga dan disosialisasikan agar tak digerus era modernisasi.

“Mereka hanya melihat dan mendengar kesakralan ritual itu melalui visual. Maka itu, kami ingin mereka menyaksikan langsung prosesi Massossor Manurung. Supaya mereka tahu di Mamuju punya budaya. Perlu dilestarikan bersama,” kata Usdi, Jumat 22 Februari.

Usdi belum bisa memastikan jumlah siswa dan mahasiswa yang diundang. Masih dalam pembahasan intensif bersama panitia. Tapi dia memastikan setiap sekolah dan perguruan tinggi punya perwakilan.

“Masalah jumlah kami akan rapatkan. Begitu pun pelaksanaannya akan disesuaikan. Kami upayakan dilaksanakan lebih awal dari perayaan HUT Mamuju. Supaya tidak bertabrakan dengan agenda lain,” tandasnya.

Keinginan Disparbud mendapat dukungan DPRD Mamuju. Menurut Ketua Komisi III, Ahmad Ikhsan Syarif, siswa dan mahasiswa notabene kalangan millenial. Mayoritas memilih bergelut dengan gawai alias smartphone ketimbang belajar budaya. Padahal mereka yang akan warisisi budaya itu.

“Saya sangat mendukung. Bagaimanapun generasi kita mesti melek budaya sendiri. Kalau tidak lokalitas daerah ini akan sirna. Salut kepada Disparbud yang punya inisiatif ini,” pungkas Ikhsan. (Saharuddin Nasrun*)

Komentar