Diskominfopers Sulbar Pastikan Sambungan Jaringan ke Kantor Gubernur Baru Berjalan Lancar

2enam.com, Mamuju : Dinas Kominfopers Sulbar memastikan penyambungan jaringan intra ke gedung kantor Gubernur Sulbar baru berjalan lancar. Hal tersebut juga sebagai tindak lanjut dari Program Prioritas Pemprov Sulbar yaitu Digitalisasi Tata Kelola Pemerintahan dan Percepatan Satu Data Sulbar Menuju Satu Data Indonesia.

Untuk hal tersebut, dilakukan pemantauan langsung oleh Kabid Aptika Kominfo Sulbar Muh Ridwan Djafar, Senin 18 Maret 2024.

Diketahui, pembangunan gedung Kantor Gubernur Sulbar yang baru pasca bencana telah selesai termasuk kesiapan jaringan komunikasi internal untuk mendukung koneksi digital.

Kepala Bidang Aptika Dinas Kominfopers, Muh. Ridwan Djafar mengatakan, melalui bidang APTIKA melakukan penyambungan jaringan agar terhubung ke jaringan intra Pemprov Sulbar

“Jadi jaringan tersebut akan dimanfaatkan distribusi bandwidth internet dan koneksi komunikasi aplikasi internal,” kata Muh Ridwan.

Ia menambahkan, penyelesaian koneksi mesti dirampungkan sebelum gedung kantor baru tersebut diresmikan.

“Sesuai arahan Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan dan Sekprov Sulbar, Muh.Idris, jaringan internal pada kantor gubernur menjadi tanggung jawab Dinas Kominfo yang berkoordinasi dengan Biro Umum,” tambahnya.

Sehingga, lanjut Kabid Aptika, Muh.Ridwan Djafar, dirinya melakukan pemantauan pekerjaan penyambungan jaringan ke gedung kantor gubernur Sulbar yang baru untuk memastikan layanan internet segera bisa digunakan.

“Topologi jaringan internal yang dibangun didalam kantor baru tersebut sudah menggunakan konsep perkantoran modern yang lebih canggih, estetik dan memudahkan pekerjaan perawatan,” bebernya.

Sementara, bandwidth yang disalurkan tidak dibatasi untuk digunakan secara maksimal pada tiga lantai kantor gubernur yang baru.

“Sinyal wifi yang terpancar pada setiap sudut ruangan cukup baik dan stabil karena ditopang oleh 37 unit access point,” paparnya.

Begitupun, akses internet menggunakan model SSID tunggal (nama wifi sama) dengan kantor OPD lain.

“Ini agar setiap personil pemprov dapat memanfaatkan internet secara langsung di kantor gubernur yang baru tanpa harus login berulang,” tandasnya

.(rls)

Komentar