oleh

Dinsos Tidak Punya Anggaran Perbaikan Rumah Korban Banjir Bandang

2enam.com, Mamuju  : Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mamuju, menyatakan, tidak memiliki anggaran perbaikan rumah bagi rarga yang rumahnya rusak akibat banjir bandang di Desa Sondoang, Kecamatan Kalukku.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Mamuju, Irayanti mengatakan, tidak memiliki post anggaran terkait bantuan rehabilitasi rumah rusak akibat banjir bandang.

Dinsos Mamuju, kata dia, hanya mengakomodir rumah warga yang rusak akibat musibah kebakaran dan angin kencang. Terbaru, Dinsos menyalurkan bantuan berupa sejumlah uang tunai bagi warga yang rumahnya terbakar.

“Kalau banjir bandang, tidak ada. Kalau bencana itu jumlahnya besar,” sebutnya.

Meski demikian, lanjut Irayanti, Dinsos Mamuju tetap menyalurkan bantuan berupa kebutuhan dasar bagi 932 orang dari 231 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan para lembaga NGO yakni ACT dan Yakkum dalam penyaluran bantuan.

Kita dalam hal ini hanya melakukan tanggap darurat. Bantuan (sembako, red) kemarin diserahkan langsung bupati. Kalau untuk perbaikan rumah di sosial belum ada, mungkin di OPD lain,” kata Irayanti.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah mendirikan dua dapur umum selama dua hari untuk mengakomodir empat dusun di Desa Sondoang.

M4R10

Komentar