oleh

Dinsos Mamuju Nyatakan Cakupan UHC Sudah Mencapai 91,59 Persen

2enam.com, Mamuju  : Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mamuju, menyatakan jika cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) sudah mencapai 91,59 persen. Olehnya, Dinsos Kabupaten Mamuju terus berupaya agar target UHC sebesar 98 persen, tercapai.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Mamuju, Irayanti mengatakan, sejauh ini pihaknya masih menerima warga yang ingin tercover BPJS Kesehatan tanggungan pemerintah. Warga, kata dia, bisa melalui kepala desa dan lurah atau datang langsung ke kantor Dinsos Mamuju.

“Progres terakhir, kita di posisi 91,59 persen atau 257.511 orang  per tanggal 3 September. Kita masih ada waktu beberapa bulan ini, kurang lebih satu bulan. Penentuan (UHC, red) itu di Oktober, tapi nanti terbaca (realisasinya, red) di November. Insya Allah kita bisa capai target UHC,” kata Irayanti.

Irayanti mengaku, Bupati Mamuju Sutinah SUhardi juga intens mengingatkan warga agar segera melapor dan mendaftarkan dirinya jika belum memiliki BPJS Kesehatan.

“Begitu juga dengan kepala desa dan lurah untuk segera mengcover warganya yang sama sekali tidak terdaftar. Itu harapan bupati,” bebernya.

Menurutnya, Dinsos Mamuju memprioritaskan warga yang sama sekali belum tercover BPJS Kesehatan dan warga kurang mampu yang ingin mengalihkan kelasnya ke tanggungan pemerintah.

“Kita punya grup, kepala desa dan lurah ada di dalam, kita rutin mengingatkan dan meminta mengupdate datanya, sembari kita juga tetap melayani warga yang datang langsung ke kantor,” ungkap Irayanti.

M4R10

Komentar